Tips Mudah Menganalisa Masalah Dalam Iklan

Ngga pernah ada hal yang 100% berjalan mulus. Hampir selalu saya ( dan mungkin juga Anda ) dihadapkan dengan masalah. Termasuk juga saat beriklan. Makanya, penting bagi Anda untuk bisa menganalisa masalah dalam iklan Facebook.

Nah, salah satu keuntungan jika Anda sudah mahir membaca data iklan, maka Anda bisa lebih mudah menganalisa masalah dalam iklan Facebook Anda. Bahkan di beberapa kasus Anda bisa melakukan tindakan antisipasi lebih cepat sebelum masalah datang.

Ngobrolin Facebook Ads, erat kaitannya dengan data, data, dan data. Jadi semua masalah yang terjadi pun hampir bisa dipastikan pasti berkaitan dengan data. Jadi kalau Anda ngga bisa baca data di dashboard Ads Manager, bakal pusing sendiri nanti, hehe.

Analisa Masalah Dalam Iklan Facebook

Beberapa kendala yang saya tuliskan di bawah ini merupakan apa yang pernah saya alami sendiri, maupun masalah-masalah beriklan yang saya tau melalui teman-teman yang sharing ke saya. Jadi saya bagikan aja untuk Anda ya.

1. Bingung Menentukan Target Audience

Produk udah ada, udah oke. Sekilas target market juga udah kebayang. Namun saat awal-awal menjalankan iklan di Facebook, ternyata kebingungan menentukan target audience. Pernah mengalami ? Saya pernah. Dan itu salah.

Harusnya sebelum beriklan Anda sudah matang menjabarkan setiap detail informasi yang berkaitan dengan calon pembeli produk & jasa yang Anda jual. Jadi saat mulai beriklan, sudah ada bayangan meski ngga 100%.

Untuk langkah awal hajar aja dulu dengan cara split test Adset berisi target audience yang berbeda-beda. Bisa dibedakan usianya, tempat tinggalnya, atau detailed targetting nya ( interest, behaviour & demographic ).

Jalankan bersamaan, nanti akan terlihat Adset mana yang lebih menonjol, silahkan duplikat Adset tersebut ke dalam campaign baru, dan jalankan dengan menggunakan beberapa Ads ( split test konten iklan ).

Jadi di awal split test Adset untuk mencari komposisi audience yang tepat, lalu di tahap kedua mencari konten iklan yang paling cocok untuk target audience yang sudah dipilih berdasarkan hasil split test awal.

2. Bingung Menentukan Strategi Iklan

Ngga usah berpikir terlalu kompleks dan berbelit. Kembali pahami fungsi masing-masing objective campaign Facebook, maka Anda akan mulai terbayang strategi funneling apa yang bisa dilakukan untuk beriklan.

Saya asumsikan Anda berjualan melalui website ( dan saya sarankan Anda membuatnya kalau belum punya web ), maka langkah awal Anda bisa beriklan menggunakan objective Traffic berisi iklan soft selling yang mengarahkan audience untuk masuk ke web.

Langkah kedua Anda bisa melakukan iklan retarget menggunakan campaign Traffic ( lagi ) atau Reach dan menargetkan pixel ViewContent di web Anda. Pastikan Anda sudah memasang kode pixel dengan baik sebelum mulai beriklan.

Lakukan saja 2 langkah diatas terus menerus. Anda akan mendapatkan banyak leads yang masuk web, sebagian sudah melakukan pembelian, sebagian Anda follow up, sebagian yang belum beli juga terus dikejar oleh iklan retargetting Anda. Dan, pixel web Anda akan semakin matang.

Saat sudah matang, Anda bisa mulai melakukan langkah ketiga, yakni menjalankan iklan Conversion yang lebih powerful. Iklan Anda akan menjangkau audience yang karakternya sesuai data pixel Anda. Bayangin kalau pixel purchase Anda sudah terkumpul banyak, pasti performa iklannya bagus.

3. Iklan Jarang di Klik Audience

Bingung kenapa angka CTR Link ( click through ratio ) kecil ? Sudah jelas kemungkinannya hanya dua. Tampilan iklan Anda sangat buruk sehingga audience ngga tertarik melakukan klik, atau iklan Anda ngga relevan dengan target audience. Alias salah targetting.

Patokan saya angka CTR Link di bawah 1% itu buruk, dan pasti iklan saya matikan. Kalau masih diatas 1% pun saya lihat data lanjutannya ( yang masuk web, yang klik beli, yang chat wa ), kalau jelek, bisa jadi saya matikan juga.

4. Klik Iklan Banyak, Yang Masuk Web Sedikit

Angka CTR Link udah keren diatas 2% tapi kok angka ViewContent jeblok ? Alias ngga ada audience yang masuk ke web. Biasanya sih penyebabnya cuma satu, kecepatan load web Anda lambat. Alias lemot.

Jadi banyak user yang sudah melakukan klik iklan tapi akhirnya klik tombol back ( bounce ) gara-gara kelamaan nunggu web Anda yang tidak kunjung terbuka / tampil sempurna. Coba cek deh, dan segera perbaiki.

Kalau saya biasanya patokan angka ViewContent yang baik adalah 75% dari jumlah klik. Kalau di bawah itu berarti ada yang kurang maksimal dari halaman landing page saya. Beberapa penyebab umum selain masalah teknis, biasanya karena terlalu banyak gambar di landing page. Atau gambarnya ngga di kompres.

5. Sedikit Yang Mengisi Form

Calon pembeli yang masuk ke halaman penjualan udah cukup banyak dan stabil, terlihat dari angka ViewContent yang bagus di dashboard iklan. Tapi kok yang mengisi form pembelian, atau klik tombol beli, cuma sedikit ya ?

Kalau ini sih perlu di analisa lebih detail, karena penyebabnya bisa banyak hal. Bisa jadi harga produk Anda kemahalan. Atau copywriting di landing page Anda kurang bisa menggugah minat calon pembeli. Bisa juga karena form pemesanan terlalu ribet.

Solusi awal yang bisa Anda lakukan adalah membuat beberapa landing page dengan bentuk yang berbeda, lalu diiklankan. Nanti terlihat landing page mana yang banyak menghasilkan pemesanan user.

Solusi lain yang saya sarankan dan sangat akurat ( tapi berbayar ) adalah dengan cara memasang sistem heatmap di web Anda. Singkatnya, sistem ini bisa melacak aktivitas user ketika berada di dalam web Anda dalam bentuk video. Jadi Anda bisa tau kenapa mereka ngga klik tombol beli / isi form pemesanan.

Salah satu heatmap tracker yang saya rekomendasikan adalah Hotjar, karena kebetulan saya juga pakai. Sekitar 300 ribuan per bulan kalau ngga salah sih.

Bagi saya, idealnya jumlah orang yang mengisi form pemesanan, atau chat Whatsapp minimal diatas 30% dari keseluruhan orang yang sudah masuk ke landing page saya. Kalau kurang dari itu, artinya landing page saya perlu dibenahi.

6. Data Klik dan Real WA Berbeda

Hal ini sering banget terjadi. Data klik WA di ads manager ada 40, tapi real chat yang masuk ke CS cuma 4 orang, misalnya. Saya menganalisanya dari beberapa hal :

Pertama, kalau ada yang klik dari desktop, sebelum masuk ke halaman chat kan di bawah ke web Whatsapp dulu. Nah bisa jadi dari sana ngga banyak yang meneruskan chat.

Atau yang kedua. Setiap tombol WA yang Anda buat pasti sudah ada kalimatnya kan ? Jadi saat calon konsumen chat, mereka tinggal klik send. Nah bisa jadi kalimatnya kurang tepat, jadi mereka malah males buat lanjut chat.

Solusi yang pertama, Anda bisa beriklan dengan target pengguna mobile aja. Solusi yang kedua, Anda bisa tes beberapa kalimat. Cari tau kalimat mana yang hasilnya paling bagus. Saya pernah tes ini, dan ternyata emang berpengaruh.

Solusi lainnya, di dalam landing page, tombol klik WA di modifikasi jadi form 1 kolom & tombol submit. Jadi konsumen disuruh mengisi nomor WA mereka, klik submit, dan redirect ke Thank You page. Jadi yang di track adalah Thank You page, dan datanya lebih valid.

Selanjutnya, CS Anda tinggal jemput bola alias menghubungi konsumen melalui nomor WA yang sudah mereka submit sebelumnya. Pakai cara ini, jumlah real WA meningkat.

7. Jumlah Penjualan Rendah

Invoice pembelian yang tercetak udah cukup banyak, tapi angka penjualan ( orang yang akhirnya transfer ) rendah. Atau, leads yang masuk ke Whatsapp dan chat dengan admin juga banyak, tapi yang pada akhirnya transfer sedikit.

Di tahap ini, calon pembeli sebenarnya sudah berminat dengan barang dagangan Anda. Buktinya mereka mau berusaha untuk isi form pembelian / menghubungi admin melalui Whatsapp. Tinggal selangkah lagi mereka untuk transfer.

Poin krusial yang perlu Anda perhatikan adalah teknik follow up dan closing Anda. Kalau cara Anda buruk, calon pembeli yang tadinya yakin mau beli, bisa dipastikan putar arah dan ngga jadi membeli produk Anda. Sayang banget kan.

Pastikan Anda melakukan follow up secara berkala dengan cara yang baik. Pastikan di setiap follow up selalu akhiri chat dengan pertanyaan dari Anda, agar obrolan ngga putus begitu aja. Yakinkan mereka, dan arahkan mereka untuk transfer.

Ilmu closing ini biasanya dipelajari secara terpisah sih. Berbeda dengan teknis beriklan. jadi saya hanya coba berikan insight nya saja, agar Anda memahami alurnya. Intinya, kalau Anda melayani calon pembeli dengan niat menolong, nantinya semua sikap Anda akan terbawa baik, dan mereka merasa nyaman.

Beda halnya jika Anda bernafsu mengejar uang mereka, dipastikan akan terbawa juga dalam perilaku Anda. Misalnya, follow up terlalu sering dengan bahasa yang cenderung memaksa. Anda ngga menyadari perubahan itu. Tapi calon pembeli Anda merasakannya.

Penutup

Itulah sekilas beberapa masalah dalam iklan Facebook, dan sedikit insight bagaimana saya mencari solusinya. Memang ngga dibahas terlalu detail, karena tulisan kali memang ngga membahas hal teknis.

Kalau Anda memiliki masalah yang lain seputar beriklan, tuliskan di kolom komentar ya. Barangkali kita bisa diskusi dan mencari solusinya.

Yang penting, jangan pernah bosan untuk mencoba, split test, membaca data, evaluasi, dan perbaiki langkah selanjutnya. Begitu saja terus menerus, nanti Anda akan mulai merasakan “ritme” dan menemukan strategi terbaik dalam beriklan di Facebook.

Semangat ngiklan, bro !

 

Diskusi Pembaca . . .

  1. Hallo kang mau tanya saya baru coba iklan.. yg komen dan share lumayan, tp gak ada yg masuk ke chat wa, itu kenapa ya kang?

    Balas
    • Saya nggak tau, info yg Anda jelaskan teralu sedikit. Iklan diarahkan kemana ? Web atau WA ? Pakai objective apa ? Isi captionnya bagaimana ?

      Balas
  2. Halo kang mau tanya, bagaimana bisa meningkatkan reach supaya bisa mencapai target 10% atau lebih dari amount spent ?

    Sebelumnya saya udah beriklan menurut laporan reach saya turun dari bulan lalu dan gak mencapai 10%.

    Apa bisa diperbaiki kang ?

    Makasih sebelumnya

    Balas
    • Reach dibawah 10% umumnya karena targetting terlalu spesifik, atau potential reach terlalu kecil. Apakah diantara kedua hal tersebut sedang dialami saat ini ?

      Balas
  3. Kang mau nanya, saya mau beriklan di akun baru, akun baru tersebut kena disable dan tidak bisa lagi dibandi,g. kira kira web dan nomor rekening saya yang pernah dipakai tersebut bisa dipakai lagi atau ganti semuanya ya kang?

    Balas
    • Ada yg bisa, ada yg ga bisa. Jadi solusinya dicoba saja dulu di akun baru, biar ketauan bisa / ngga. Baru ganti rekening kalau memang ga bisa dipakai.

      Balas
      • kalau webnya selagi tidak melanggar tidak apa apa ya kak di pakai di akun baru

        Balas
          • KANG mau nanya lagi, maap nanya mulu.

            mau nanya, kan sebelumnya saya iklan jam tangan cewek dan cowok. terus saya mau iklan sepatu wanita juga di akun saya sama.

            pertanyaannya:
            apakah itu masih dalam katagori 1 niche atau berbeda ya kang?

            ditunggu ya kang balasnnya, terima kasih sebelumnya

          • Jam tangan cewek dan sepatu cewek seharusnya masih 1 audience. Jam tangan cowok berbeda.

  4. Selamat siang..saya masih baru dalam dunia facebook bisnis..jadi saat ini saya sudah mulai beriklan..tetapi masih sedikit mengalamin kendala saat iklan saya ingin saya hubungkan dengan halaman fb yg sudah saya hubungkan dengan no whats app bisnis saya. Kendalanya disaat mulai memasukan ads set iklan dan menghubungkan ke pilihan whatsapp bisnis setelah saya masukan halaman fb saya tersebut munculah tulisan (iklan yang mengarahkan ke whatsapp bisa dibuat setelah beberapa minggu sesuai dengan kebijakan kami) itu bagaimana solusinya ya..karena sudah 1 minggu blm juga terselesaikan masalah tersebut..mhn pencerahan dan solusinya terimakasih

    Balas
    • Solusinya menuruti apa kata FB. Baru bisa dibuat beberapa setelah beberapa minggu. Dan memang tdk boleh beriklan di awal langsung ke Whatsapp. Jadi wajib punya web.

      Ibaratnya :

      Iklan = Karyawan kita nawarin barang
      Website = Etalase toko, orang bisa lihat2
      Whatsapp = Kasir, tinggal bayar aja

      Gimana kalau ada orang ga dikenal, kita tawarin barang, lalu kita todong suruh ke kasir langsung ? Jelas orang ga akan mau. Facebook pun memahami itu, makanya kenapa ga boleh langsung beriklan diarahkan ke Whatsapp.

      Dan sejatinya, kalau mau bermain dengan FB Ads, menurut saya wajib punya website.

      Balas
  5. Selamat siang kang, saya ingin bertanya kenapa akun iklan saya dibatasi sehingga tidak bisa membuat iklan lagi. kira-kira itu permasalahannya kenapa ya kang?

    Balas
    • Silahkan cek notifikasinya. Restricted account pasti ada sebabnya, dan FB kasih tau. Kalau merasa tidak pernah melanggar, bisa ajukan banding / appeal.

      Balas
      • Mas, sy mau tanya, kenapa utk beriklan harus dimulai dgn objektive traffic dulu sebelum ke convertion? Dan gimana cara masukin data dari audience insight yg kita buat jadi detail targetting?

        Balas
        • Sesuai dengan fungsi campaign nya.

          Traffic ( consideration ) : Cari orang-orang yang tertarik dan diarahkan ke web.
          Conversion ( Decision ) : Cari orang-orang yang punya behavior khusus di web kita ( yang suka atc, yang suka checkout, yang suka purchase ).

          Jadi harusnya bikin orang tertarik dulu, atau langsung todong orang utk beli ?

          Dari audience insight dimasukkan manual, tdk ada fitur untuk memasukkan otomatis seingat saya, sudah lama tidak pakai soalnya. Saya pakai Adsumo.

          Balas
  6. Hallo kang saya rizal saya Baru Baru ini main facebook ads hanya instagram tapi kenapa budget saya mentok 100ribu terus yah padahal anggarannya saya pakai yang 150-200ribu. kadang dua iklan 1 iklannya 100ribu.
    cara untuk lebih dari 100ribu ke Spant nya dalam 1 hari bagaimana yah kang

    Balas
    • Akun baru ya ? Memang gitu di awal2 dibatasi, jalan terus aja seharusnya akan naik batasnya.

      Balas
  7. ijin bertanya,
    saya iklan trafic tapi deliverynya ‘Learniing’ padahal setahu saya learning untuk objectiv Conversion, tetapi saya coba dulu di diamkan dan sudah 2 hari statusnya masih Learning tetapi masih 0 value phasenya dan uang tidak ada yg ke spent. saya jadi bingung, kesannya keliatanya iklan saya di Approve tapi tidak di sebarkan oleh fb.
    mohon bantuannya terima kasih

    Balas
    • Iya benar, jd seperti iklan approved tapi nggak disebarin FB, dan ini masalah.

      Balas
      • assalamualaikum kang alif..

        saya baru mulai ngiklan traffic. tapi initial checkout saya lebih tinggi dari landing page view saya.
        Initial checkout = 529
        Landing page vieuw = 497
        dan tidak ada satupun yg masuk ke Wa. ini kenapa ya kang?

        Balas
        • Wa’alaikumsalam, kemungkinan terbesar adalah salah pasang pixel event nya.

          Balas
          • bisa minta bimbinganya kang? saya mau jadi muridnya kang alif ni. caranya gimana kang?

          • Mohon maaf saya tidak membuka layanan konsultasi / bimbingan / kursus / sejenisnya kang. Jadi biasanya saya berdiskusi di blog ini dengan teman2 yang lain.

  8. Saya ada iklan.. saya bagi 2 adset.. IG dan FB

    Yg FB CTR Link nya tinggi diatas 3%
    Sedangkan yang IG dibawah 1%

    Kenapa ya? Apa yang harus dilakukan? Apakah iklan ig nya dimatikan saja dan gabung ke iklan FB

    Atau materi iklan IG saya ubah?

    Mohon pencerahan nya

    Balas
    • Pertanyaannya, tujuan dipisah placement utk apa ? Kenapa tdk disatukan, nanti algoritme FB yg atur, kalau ternyata di FB lebih bagus, akan lebih diproritaskan tampil disana. Dibandingkan pisah Adset dengan targetting yg sama, beda placement doang, yg ada overlapping. Saling berantem adsetnya.

      Terkait CTR rendah, artinya materi iklan nggak menarik orang utk klik. Atau slh targetting. Biasanya nggak jauh dari ini. Jadi solusinya edit materi iklannya, kalau masih juga jelek, tes targetting audience lain.

      Balas
  9. permisi kang, saya mau tanya soal angka2 di facebook ads dan angka2 di insight fanpage facebook bisnisnya krn saya benar2 awam soal hitung2an gini. Waktu bikin iklan pertama,segalanya lancar dan untuk ukuran pemula, iklan saya dari Result, Reach, Impressions, cost per result (CPR), amount spent, dan Link Clicks dalam kolom CAMPAINGS adsnya, semuanya bagus dan bertahan sampai seminggu sebelum akhirnya turun dan ganti iklan baru. Nah, masalah muncul saat running iklan yang ke dua dan LP yang kedua. sampai 3 hari ini saya heran, kolom CPR kena bisa sampai kosong 3 hari ini ya kang. Update terakhir setelah saya matikan dari batas iklannya yang ditargetkan melebih 20k pada amount spentnya hari ini, ini hasil updatenya dalam kolom CAMPAIGNS : Bid strategy= lowest cost, Budget=100rb/daily budget, Result= 0 atau – , Reach= 477, Impressions= 477, Cost Per Result= 0, Amount spent= 20.700 (karena targetnya sudah tiga hari batasnya lebih dari 20K tp nggak ada result, instruksinya disuruh matikan), Link Clicks= 1, Website Purchases= 0, On-Facebook Purchases= 0. Tp di hari terakhir ada real chat WA 1 namun tidak ada closingan maupun di inbox fanspagenya sama realchatnya ada 1 tp closingan nggak ada. di Kolom INSIGHTS fanspage FB saya sampai pada kolom “Yesterday”: People Reach= 1 (nilainya turun 100%), Post Engagements= 9 (nilainya turun 88%), dan Page Likes= 0. Kalau sudah begini, yang harus saya perbaiki apa saja kang? mohon dikoreksi data-datanya saya kang kira2 kesalahannya ada dimana aja. Terima kasih atas perhatiannya.

    Balas
    • Silahkan baca artikel saya yg berjudul “cara membaca data iklan” dan “cara menganalisa masalah iklan”.

      Namun diluar itu, iklan Anda nggak jalan. Saya ga tau kenapa. Apakah potential reach audience yg ditarget kekecilan / terlalu spesifik, atau karna sebab lain. Intinya iklan nggak berjalan normal, makanya nggak ada data yg muncul.

      Balas
  10. Halo Mas ,

    Mau tanya untuk teknis perbaiki metrik yg jelek itu bagaimana ?

    1. Campaign nya dimatikan dulu baru perbaiki bagian mana yg jelek trus di on kan

    2. Langsung di edit bagian mana yg jelek tanpa dimatikan campaign nya

    3. Buat campaign baru ganti bagian yg jelek ..

    Dari tiga cara diatas bagian mana mas yg mas rekomen atau ada cara lain …

    Terima Kasih

    Balas
    • Bisa langsung edit, ATAU bisa di duplicate, lalu hasil duplikatnya yg di edit. Yang jelas tdk perlu dimatikan.

      Balas
  11. Mau tanya, penyebab CPR mahal itu apa kang? padahal hrg produk sedikit murah dari hrg kompetitor. budget/hari 200rb pake lead masuk wa 10-15. closing 4-5 doang/hari. jangkauan 30jtaan. oh iya CPR Rp.30rb kang. mohon solusinya mesti bagaimana? thx.

    Balas
    • Penyebabnya banyak. Salah satunya bisa karena banyak yg menargetkan audience yg Anda targetkan. Bisa karena LP nya kurang persuasif makanya yang lanjut ke WA sedikit, akhirnya CPR mahal. Soal audience juga coba di spesifikkan lagi. Jangkauan 30 Juta itu broad banget. 1-3 jutaan sudah cukup.

      Balas
  12. mau tanya kang.. saya pemula. kalo iklan yg baru running sering di on off itu ngaruh ke performa gak ya? karena sy pikir orang bisa liat iklan saya di jam2 siang dan gak di tengah malam. mkanya sy selalu matiin iklan dari jm 10 malam-jam 5 pagi. logika berfikirnya harusnya gimana si kang? karena sy pernah on iklan tgh malam percuma ada leads masuk tp kita gak bisa respon cabuy karena kitapun tidur kan percuma. dia kabur biasanya kalo kita telat bls. kalo kang alief rulenya bagaimana yang bener itu?

    Balas
    • Iklan sering di on-off berpengaruh ke performa. Kalau saya tetap dijalankan 24 jam. Pengalaman saya, tdk semua cabuy yg chat malam akan kabur. Tetap ada yg bisa closing, tergantung CS nya.

      Kalau mau ketat dengan rule, bisa di set turun budget utk jam malam.

      Balas
  13. Mau tanya kak alief. apa penyebab jangkauan / reach sedikit? Biasanya dengan budget 100rb/hari setelah running 1 hari udh dpt 1000+ jangkauan Dengan
    1 campaign 1 adset 3 ads. Tp ini hanya dapat diangka 300an reach Kenapa sy tanya karena kakak gak ada artikel yg bahas masalah ini. Terimakasih.

    Balas
    • Potential reach audience yg di target di angka brp ? Pakai objective campaign apa ? Penyebab paling umum biasanya target audience terlalu sedikit, atau terlalu spesifik.

      Balas
      • Potensi Jangkauan:
        22.000.000 orang
        objective: conversion
        ada yg salah? idealnya bagaimana? lha itu biasa aja kan standar.

        Balas
  14. Selamat malam, saya mau nannya kang.
    Maksud dari peringkat kualitas iklan itu apa ya?
    “Peringkat Kualitas
    Diagnosis Relevansi Iklan
    Peringkat kualitas persepsi iklan Anda. Kualitas diukur menggunakan masukan tentang iklan Anda dan pengalaman pasca klik. Peringkat iklan Anda ditentukan dengan cara membandingkan dengan iklan yang bersaing untuk pemirsa yang sama.
    Metrik ini adalah diagnosis relevansi iklan dan tidak berlaku pada kampanye atau set iklan, hanya pada iklan.
    Metrik ini adalah perkiraan”

    Split iklan saya ada 2 yg keterangannya 35% terbawah.
    mohon pencerahannya.

    Balas
    • Artinya seberapa relevan konten iklan Anda terhadap audience yang ditarget. Semakin relevan semakin sering tayang dan dapat posisi slot yang bagus. Bukannya sekarang metriksnya adalah below average, average, dan above average ya ? Kalau persentase gitu saya malah kurang tau.

      Balas
  15. Assalamu’alaikum kang alief

    Akhir akhir ini iklan saya dropnya cukup tinggi kang, bisa sampai 80%-90%, ads – landingpage – Direct Wa. saya sudah ganti greeting message dll. tapi tetep resultnya. misal hari ini di dashboard 51 yang masuk hanya 8. apakah facebook lagi update atau bagaimana ya kang?

    Hatur nuhun

    Balas
    • Wa’alaikumsalam, saya sdh balas di komentar sebelumnya ya.

      Balas
  16. Assalamu’alaikum mas alief

    saya mau tanya mas, iklan saya sudah running 1 bulanan, ads – landing page – Direct wa
    Posisi di dasboard dengan real wa dropnya tinggi banget bisa hampir 90%, itu kenapa ya mas biasanya? saya udah gunta ganti LP tapi resultnya tetep sama. Hari ini saja di Dashboard ada 51 real hanya 8 orang yang masuk itu juga closingnya cuma 1.
    Hatur nuhun

    Balas
    • Wa’alaikumsalam,

      Real WA yang masuk 10% dari angka di dashboard ya ? Sudah dipastikan peletakan event pixelnya benar ya ? Sudah coba ganti greeting message nya ? Misal awalnya “saya mau order sabun dong” menjadi “hai kak, saya tertarik dengan sabun ini, bisa dijelaskan lebih detail ?”, jadi lebih friendly.

      Di tahap advanced bisa tes pakai form WA. Bisa pakai Orderonline, Magicorder, yg gratisan bisa pakai Caldera Form + redirect ke WA.

      Kalau terkait closing rate rendah, itu murni masalah di CS. Perbaiki teknik follow up, strategi penjualan ( misal tambah bonus, jual bundling, transfer sebelum jam sekian dpt diskon sekian, dll ).

      Balas
  17. Mau tanya dong mas Rizky alief, iklan saya running objektif conversion optimasi view content dan masuk tahap pengayaan data dengan 1campaign 3adset running selama 2hari dan setelah aktif semua dari pengayaan data kemudian saya coba matikan iklannya dan pasang ulang tpi kok masuk pengayaan data lagi ya ? Terima kasih mas rizky alief

    Balas
      • Tapi mas, kan udh aktif dalam 2hari semua adsetnya ? Boleh mnta solusinya dong mas ?

        Balas
        • Baru 2 hari mah sebentar. Learning phase itu seminggu bahkan lebih. Justru pertanyaannya kenapa baru jalan 2 hari sudah dimatikan. Learning phase itu bawaan system jd harus dilewati. Solusinya ? Naikin budget 150-200 ribu per adset biar cepat keluar learning phase.

          Balas
  18. ok trims untuk jwbn sebelumnya ya kang. untuk point No.6 pada artikel di atas “Data Klik dan Real WA Berbeda” itu skrg yg sy alami. apa iya kasus sperti ini cuma yg pkai wa saja yg pakai form ktanya gak prnh kya gtu selalu sinkron data sama real wa? pnjelasan akang diatas kenapa gak nyinggung pixel kang? malah skrg sy justeru lg utak atik di seting pixelnya, cuma ya ini udh maksimal di uji pristiwa udah jg cek tombol udah oh ya sy pkai berdu sih apa iya berdunya yg msalah kang? itu aja sih.. klo outboun clik org lari setelah klik wa bisa aja cuma ya org udh niat belimah 5menit mungkin dia bakal nunggu sih. kenepa gak jelasin kemungkinan salah penempatan, salah pilih event, dll mslh pixel yg imbas ke real wa. ? hatur nuhun..

    Balas
    • Itu juga bisa jadi salah satu penyebab, dan banyak lagi penyebabnya, yg memang tidak semua saya tuliskan.

      Balas
      • Yang di maksud dengan “pengayaan data” pada tab ‘penayangan’ itu apa dan knp ya kang? notif itu muncul tiba tiba pada beberapa campaign sy. seperti ini ket lengkapnya ketika kursor di arahkan pada kalimat “pengayaan” :

        “Tahap pembelajaran sedang dalam proses
        Setelah Anda membuat set iklan baru atau membuat editan signifikan pada set iklan yang ada, sistem kami mulai mempelajari cara terbaik untuk menayangkan iklan Anda. Pada saat itu, Anda mungkin melihat fluktuasi kinerja dan biaya yang lebih tinggi. Karena kinerja masih distabilkan, hindari mengedit set iklan Anda selama tahap pengayaan data”

        Dan ada juga notif “pembelajaran dibatasi” pada tab penayangan dengan keterangan:

        Iklan ini milik set iklan yang tidak memberikan hasil yang cukup untuk keluar dari tahap pengayaan data. Pertimbangkan untuk membuat perubahan pada set iklan Anda untuk meningkatkan kinerja.

        Balas
        • Pembelajaran dalam proses / learning phase = proses algoritma FB mengoptimasi iklan Anda untuk mencapai 50 konversi dalam seminggu.
          Pembelajaran dibatas ? learning limited = iklan Anda tidak berhasil mencapai 50 konversi dalam seminggu, makanya disuruh edit2 lagi biar optimal.

          Balas
          • hello mas alief…mohon maaf mas saya mau tanya jika semisal kita udah punya campaign yg bagus terus mau kita scale up..cara scale up yg bagus gimana ya mas..?apakah langsung dinaikan budget ads set nya atau di duplicate campaignnya…Terimakasih

          • Keduanya bisa dilakukan. Kalau saya pakai cara scale langsung tanpa duplicate. Scale up budget 20-30 persen dari exisiting budget per 3-7 hari, agar iklan tetap stabil dan ga masuk learning phase lagi. Kalau di scale terlalu masif, akan learning lagi.

  19. permisi kang mau tanya sama2 orang bandung panggil akang aja ya hehe. saya lagi bingung nentuin margin profit per penjualan. doktrin selama ini yang udah tertanam profit minimal 90/100rb per profit/pcs produk. seiring waktu produk yg saya iklanin ini selalu aja bagus penjualannya ketika profit bersih di 65-75rban. ketika sy coba ambil profit di angka 100rb penjualan turun drastis 3-4/hari itu udh maksimal dg budget 200rb/hari cuma 2 campaign 2 adset 2 ad saja. padahal bukan harga jual yg sy naik turunkan tetapi main diskon, gratis ongkir diskon ongkir dll yg berimbas pd margin profit jika pakai velue td. jadi skrg mindset yg benar harusnya seperti apa kang? dg profit rendah memang masih profit tapi sy jadi tantangan knp produk ini gak bisa dpt profit di 100rb+ ? saran akang gmn? hajar terus di profit bwh 100rb atau harus bisa dpt profit di angka 100rban karena katanya bukan produk yg kemahalan tp blm dpt market yg pas. seperti apa solusinya? hatur nuhun…

    Balas
    • Bukan produknya yg mahal, tp marketnya yg blm pas, ini benar, tapi ngga sepenuhnya. Liat jg produknya, kalau sdh umum, ya ga bisa “keluar jalur” terlalu jauh. Mungkin bisa nemu pasar yang tepat, mungkin, tapi ya susah.

      Contoh, umumnya gado-gado 15 ribuan. Dijual “keluar jalur” 150 ribu boleh ? Boleh aja. Laku ? Saya yakin bisa laku, tp sulit temukan marketnya, karna sdh tercipta standard harga di benak konsumen.

      Kalau saya, jalankan apa yg memang sudah menghasilkan hal yg positif.

      Masalah diskon, gratis ongkir, bonus produk lain, ini adalah strategi pemasaran. Terus coba, cari yg paling masuk untuk market Anda. Bisa pakai strategi jual bundling mungkin, beli 1 harga 75k beli 2 cuma 125k, naikin profit jg kan ?

      Yang jelas, jangan selalu memaksakan menaikkan profit sebuah produk, jatuhnya malah salah pricing. Coba kejar dari sisi yg lain, kuantiti penjualannya misalnya.

      Scaling ngga hanya ke atas ( scale up / menaikkan ), tapi jg ke samping ( scale out / memperbanyak ).

      Balas
      • Mas alif mau tanya…
        1. Teknik Scale Out yg bener gimana ya mas..? Saya biasanya Scale Out di bagian Campaignnya dan dibagian ads set biasanya saya naikan umur dan saya tambah interest…apakah cara scale out seperti ini sudah benar mas..?
        2. CPM saya mahal…bisa sampe 20/30 rb an…faktor penyebab CPM mahal apa aja ya mas..?

        Mohon bantuannya ya mas alief
        Terimakasih….

        Balas
        • 1. Scale out itu memperlebar penargetan, jadi sebaiknya interest adset sama sekali berbeda. Atau rentang usia sama sekali berbeda ( kalau memungkinkan ), atau jenis kelamin sama sekali berbeda ( kalau memungkinkan ). Umumnya interest sih yg di explore

          2. Artinya FB butuh extra effort utk menayangkan iklan Anda ke target audience yg Anda mau. Mungkin karakter audience Anda memang jarang online di FB, jadi FB butuh usaha keras utk menemukan saat mereka online dan menampilkan iklan Anda. Kira2 begitu ilustrasinya. Bisa juga karena persaingan yg ketat dengan advertiser lain. Dan beberapa variabel lainnya.

          Balas
  20. sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak mas…. artikel2nya sungguh mencerahkan sekali terutama bagi saya yg baru belajar fb ads….

    mau tanya mas ya….
    1. untuk memasang form nama dan no wa pengganti buy button pakai tool apa ya mas? soalnya saya jg mengalami masalah ini… banyak sekali view content tp atc kurang dari 30%. begitu jg jumlah atc di dasboard gak sesuai dengan real wa (kurang dari 30%)

    2. untuk hari pertama spend 120rb, 1 campaign cbo 4 adset. data2nya sudah bagus kecuali jumlah atc dan real wa yg jelek.. wajar gak sih mas iklan hari pertama data2 sudah baik tp closingan blm ada sama sekali?

    3. biasanya hari ke brp ya mas iklan udah mulai stabil ordernya?

    4. bisa dijelaskan gak mas yg dimaksud dengan fase learning dan indikatornya apa ya mas jika fase learning itu berakhir…

    terima kasih banyak, salam untuk keluarga mas alief semuanya

    Balas
    • Hi mas, thanks sudah berkenan mampir dan membaca ya.

      1. Ini untuk ke wa ya ? Kebetulan saya kurang suka pakai form mas, jd langsung aja link wa. Kalau via form, ya form order biasa, saya pakai Orderonline. Terkait real wa yang drop, coba otak atik greetings message nya. Misal tadinya “saya mau order sabun dong” menjadi “hi admin, saya tertarik dengan sabun ini. Boleh dijelaskan lebih lanjut ?”

      2. Hari pertama ? Wajar mas.

      3. Order / sales adalah fase paling ujung dari customer journey. Ilustrasinya :

      Orang klik iklan > loading > masuk web > baca info > tertarik > klik buy button > loading > masuk wa > nunggu balesan cs > diskusi > pertimbangan > cs handling objection > oke mau beli > jeda waktu menunggu transfer > cs remind lagi > closing.

      Jadi kala ditanya dari iklan ke closing, tergantung semua elemen journey diatas. Kalau sdh sempurna semua ( setelah melalui berbagai trial & error ), sehari ngiklan jg bisa closing kok mas. Untuk bisa stabil ( idealnya sih begini ) tergantung strategi dan seberapa cpt evaluasinya. Semakin cpt perbaikan, semakin cpt dpt hasil optimal. Bisa hitungan hari, minggu, mungkin bulan.

      Maaf kalau terkesan berbelit, karna bagi saya semuanya satu rangkaian soalnya, hehe. Jadi kalau yg ditanya adalah order, brati semua rangkaian itu harus benar.

      4. Fase FB mempelajari isi campaign kita, dan mencari cara terbaik & efektif untuk menjalankan iklan kita ke orang yg kita mau di waktu yg terbaik. Indikatornya saat status learning phase berubah jadi active, alias ketika sudah mencapai 50 konversi dalam seminggu. Konversinya apa ? Macem2 bisa VC, ATC, IC, Pur, tergantung optimasi apa yg dipakai di adset.

      Balas
  21. Hallo pagi kak , ada yg ingin saya tanyakan sampai tidak bisa tidur mikirin ini terus…
    Mohon sekiranya dpt membantu saya…
    .
    Sy buat campaign dengan 3 adset , sudah jalan 3 hari , apabila iklan saya jeda 1 hari ( saya matikan )& saya hidupkan besok apakah berpengaruh terhadap performa iklan kak ?
    .
    Apakah akan kembali ke pengayaan data atau learning phase lg kak ?
    .
    Tolong bantuan nya yaa kak.

    Balas
      • Iaa karena sy sibuk di kampung kak , jadi harus matikan iklan…
        .
        Berpengaruh gak gak ?
        Terhadap performa iklan ?
        .
        Tolong yaa kak d bantu

        Balas
        • Di tes saja mas, nanti jadi tau apakah berpengaruh atau tidak. Kalaupun berpengaruh tidak sampai rugi jutaan rupiah kok, jd tdk perlu takut mau matikan atau nyalakan iklan. Santai saja tidak perlu dipikirkan berlebihan.

          Balas
  22. Saya mau tanya, saya menjalankan iklan dengan objective traffic, menggunakan LLA dengan pembagian 3 adset mulai dr 50%-75% yg view content. Sudah dijalankan kurleb 4 hari namun tidak ada leads yang masuk, kalau adapun itu hanya 1 dari 4 campaign dari 4 bm yang saya running-kan. Apa yang salah ya? Padahal CTR nya rata” diatas 1-2%. Mohon pencerahannya

    Balas
    • 1. CTR tinggi, artinya konten iklan menarik.
      2. Perbandingan link click VS landing page view berapa ? Kalau diatas 75% ( standard saya ) brati web aman nggak lemot.
      3. Dari LP View ke leads berapa ? Kalau dibawah 30% ( standard saya ) brati ada masalah di LP nya. Bisa jadi sales letter kurang persuasif, slh pricing, tombol CTA tdk strategis letaknya, atau terlalu sedikit jumlahnya. Biasanya masalahnya seputar itu. Harus di tes.

      Masalah Anda di nomor 3.

      Balas
  23. assalamualaikum mas, saya meliya mas, mau tanya mas soal iklan saya, saya udah naikin iklan selama 3 hari budget 150k perhari CTR up 2% cost per risultnya kadang sampae 11k juga impresionnya 2000 CPC 385, resech nya 2000an clik linkya 50 tapi ledsnya mentok di 15 chat yg masuk setengahnya mas yg saya mau tanyakan kenpa ledsnya bisa sekecil itu yah mas dg data yg menutut sya bgs biasanya dg data yg hampr sama saya bisa dapet leds 40an mah yg masuk setengahnya mah, terimakasih

    Balas
    • Wa’alaikumsalam,

      1. CTR tinggi, artinya konten iklan menarik.
      2. Perbandingan link click VS landing page view berapa ? Kalau diatas 75% ( standard saya ) brati web aman nggak lemot.
      3. Dari LP View ke leads berapa ? Kalau dibawah 30% ( standard saya ) brati ada masalah di LP nya. Bisa jadi sales letter kurang persuasif, slh pricing, tombol CTA tdk strategis letaknya, atau terlalu sedikit jumlahnya. Biasanya masalahnya seputar itu. Harus di tes.
      4. Data leads di dashboard VS real chat perbandingannya brp ? Kalau di bawah 30% ( standard saya ) ada masalah di LP. Coba tes ganti greetings message nya. Misal tadinya “saya mau order dong” jadi “saya tertarik dengan produk ini kak. Boleh dijelaskan lebih lanjut ?”

      Masalah Anda di nomor 3 dan 4.

      Balas
  24. No. 6 Data Klik dan Real WA Berbeda

    1. numpang nanya ka alief untuk data chat masuk ke real wa, apakah ukuran minimum/standar dari data tsb supaya tau kalau ada masalah/sudah ideal pada chat real WA.

    terima kasih atas perhatiannya

    Balas
  25. Halow mas,.
    Saya memiliki produk makanan dengan harga dibawah 100rb,. bermaksud menggunakan fb ads utk publikasi. Pertanyaan saya, apakah mesti menggunakan landing page yang didalamnya ada sales letter / penawaran atau langsung menuju wa ?

    terimakasih

    Balas
    • Kalau saya tetap harus ada web.

      Ibaratnya orang lihat2 ada sales nawarin produk ( iklan ), user tertarik cari tau info lebih lanjut tentang produk itu, eh bukan dikasih brosur / diajak ke toko ( web ), malah langsung disuruh ke kasir ( whatsapp ) utk order dan bayar. Kira-kira pas ngga alurnya ?

      Selain itu, adanya web menambah kepercayaan dan profesionalitas sebuah bisnis.

      Balas
  26. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ
    sedikit berbagi info buat masalah iklan stop tayang setelah spent di jumlah tertentu.

    selain ada batas tagihan dan batas anggaran. sekarang ada batas spent akun per hari.
    g perduli anggaran kita di level kampanye total ny 2jt, tapi kalo limit spent akun perhari cuma 200rb, maka saat tagihan sampai 200rb, iklan stop tayang dan status di dashboard tetep aktif.

    belom ada solusi untuk masalah ini, saya sudah beberapa kali mengajukan kenaikan limit perharinya ke tim iklan facebook, tapi selalu di tolak dg alasan:
    perlahan limit akan naik seiring jumlah spent perhari, kelancaran pembayaran dg mempertimbangan hal berikut :
    1. kualitas akun
    2. mengikuti ketentuan bisnis dan standar komunitas

    untuk akun iklan yg baru dibuat hitungan hari, baru bisa spent 100rb per hari

    semoga info ny bermanfaat dan semoga ada solusi pasti dari pihak facebook

    شكرا

    Balas
    • Wa’alaikumsalam. Alhamdulillah, terima kasih banyak informasinya mas. Kebetulan saya jg blm pernah alami, dan teman2 terdekat saya blm ada keluhan terkait ini, makanya agak bingung kok banyak yg alami, hehe.

      Balas
  27. Maaf mas, oot nih…. Kalo bikin artikel tentang scale up dengan pengalaman Anda pribadi sepertinya bakalan keren nih…

    Balas
    • Haha thanks mas insightnya. Insya Allah ya, sdh lama jg blog ini ngga update ( clue : saya lebih suka scale out dibanding scale up ).

      Balas
  28. Assallamualaikum kak
    saya mau bertanya mengenai CS, kebetulan beberapa minggu ini saya ambil pekerjaan bagian CS onlineshop. nah, saya sebenarnya sudah sedikit faham tentang tugas yang harus dilakukan. akan tetapi saya ada kesulitan dalam tahap followup dan closing. kadang suka mikir2 sendiri ini kenapa kok customernya ga jadi beli yaaaa?.. kalau baca2 dari tulisan yang kaka buat, saya memfeedback diri saya bahwa melayani mereka dengan baik tanpa unsur memaksa. boleh kasih saran yang ajaib ga kak? supaya closing dan followup saya meningkat. Terimakasih

    Balas
    • Wa’alaikumsalam. Saran ajaibnya coba baca2 referensi di internet kak terkait teknik closing. Atau kalau mau lebih efektif cari online course yg khusus utk treatment CS.

      Balas
  29. Mas, saya masih baru dalam fb ads, nah account spending limit nya itu mencapai 7jtan br stelah beberapa jam. Itu maksudnya gimana ya??apakah akan ada tagihan sebesar itu?? Sedangkan di iklan yg sudah selesai hanya menghabiskan biaya sekitar 107rb dr budget 160rb. Mohon pencerahannya..terima kasih

    Balas
    • Sesuai dengan namanya account spending limit = batas pengeluaran budget dalam akun tersebut. Jadi itu limitnya, bukan tagihan.

      Balas
  30. Mas iklan saya kan gak pakai form tapi wa
    iklan saya banyak result cpr rendah tapi kenapa yg masuk wa sedikit padahal itu campaign terbaik mas dari sekian banyak campaign

    Balas
    • Sedikit itu brp persen mas perbandingannya antara angka di dashboard VS real chat yg masuk ? Sdh coba ganti greetings message nya ?

      Balas
      • Yg masuk cuma 15% dari result belum ganti tapi rencana mau ganti form

        Balas
        • 15% masih mending, tp memang masih rendah. Patokan saya minimal 30% sih. Biasanya saya ganti2 greetings message nya. Atau targetting device mobile saja.

          Balas
  31. ass.. mas boleh analisa data iklan konversi saya, saya baru bgd pake iklan konvers
    prospek 30
    reach 14000
    frekuensi 1,24
    biaya per prospek 19rbu
    CPM Rp 16.345
    VC 600
    CTR 2.52%
    budget iklan 150 per hari
    jalan sudah 2 hari
    closing 14
    kira2 gmn mas alief koq biaya per prospek nya mahal ya, iklan saya udah bagus apa belum dengan data dasboard berikut
    ngakalin supaya murah nya gmn ya mohon solusi nya

    Balas
    • Iklan baru jln 2 hari sdh closing 14, masa masih ribut cost per lead mahal mas ? Iklannya profit ngga ? Mending profit atau cost per lead murah ?

      Memang bisa blg mahal, murahnya seberapa ?

      Balas
      • soal liat tmn biaya prospek nya cuman 5000 mas hehe, msh profit mas iklan nya alhmdulillah

        Balas
  32. halo selamat pagi, kak saya ini mau mulai iklan juice di facebook, enaknya gimana ya? kalau berdasarkan apa yang saya pelajari sih pakai pesan WA , karena saya juga baru mulai seminggu dan saya ngelihat prospeknya bagus dan dapat dukungan teman, saya mau scale up ke Fb Ads yang mengarahkan ke “Pesan WA”, kendalanya adalah : iklan yang mengarahkan ke WhatsApp bisa dibuat setelah beberapa minggu sesuai kebijakan kami. ini gimana ya kak? kapan krkr saya bs beriklan? // ini cara mengatasinya gmn ya? lalu halaman saya juga tidak ada opsinya sehingga tdk bs di klik . lalu untuk settingan iklannya, beda iklan “anggaran kampanye” dengan “Strategi Tawaran Kampanye” itu apa ya. Lalu ini kan produk saya harganya 28.000, gmn ya strategi iklannya supaya optimal? apakah diaturnya di Pengoptimalan untuk Penayangan iklan? mohon pencerahannya ya suhu

    Balas
    • Pertanyaannya terlalu general mas.

      Enaknya gimana ya ?
      Yang optimal gimana ya ?

      Baiknya coba dipelajari lagi tentang Facebook Ads, tujuan iklan, cara beriklan, fungsi objective iklan. Nanti saat sudah melakukan sesuatu, sudah ada data, ada kesulitan, bisa di diskusikan disini.

      Kalau bertanya “enaknya gimana” saya juga ngga tau yang enak yang gimana.

      Balas
      • Kak. Saya sudah ngerti sedikit. Bera batas biaya dengan batas tawaran lelang apa ya? Kok batas tawaran saya gak kepake2 uangnya. saya pakai 3500 per tawaran tp gak kepake2. Kalo batas biaya ko agak mahal ya

        Balas
        • Bagian itu biarkan apa adanya, gausah di otak atik. Itu utk kebutuhan di level advanced.

          Balas
          • sekarang saya pake harian 30.000 dengan biaya terendah sih mas, tujuannya chat WA, karena saya jualan jus, semoga bisa nih, sambil belajar2,

          • Sip mas, banyak2 baca referensi biar lebih cpt belajarnya. Sukses selalu.

  33. halo mas mau tanya, pernah gak bikin iklan 2 campaign yang sama cuma di ads creative nya aja yang beda, mksdnya target audience nya sama gituu, hasilnya gimana ya kalau kaya gitu? itu kan ditarget buat org yang sama cuma tampilan nya aja yang beda, mem[engaruhi kinerja mesin fb gak sih? maaf aku baru hehe

    Balas
    • Jadi tujuannya split test ads nya ya ? Bikin aja dalam satu campaign, ngga perlu dipisah. Atau kalau memang mau tau hasilnya ketika dipisah, bisa dicoba saja kak running keduanya pakai budget kecil.

      Balas
  34. Halo mas Alief, mau nanya dong

    Menurut mas Alfi, untuk lead ke WA lebih baik mengisi form dulu atau langsung klik to WA

    Balas
  35. Mas, saya coba iklan pakai dynamic creative ads. Tapi reachnya lambat + CPM juga mahal berkisar 20 – 40 ribu /CPM. Iklan baru berjalan 3 harian. CTR bagus di atas 2% bahkan 3 %

    Apakah ini karena iklannya dengan menggunakan dynamic creative ads atau ada faktor lain ? Audience yang sya incar juga besar, di atas 2 juta

    Balas
    • Kebetulan saya sdh lama tdk pernah coba pakai Dynamic Ads mas, jd kurang yakin apakah ini penyebabnya.

      Reach lambat, memangnya apa parameter yg mas lihat, sehingga bisa tau reach lambat ?

      Sistem bid pakai apa ? Auto ?

      Balas
      • Bid pakai lowest cost, sehari budget 30K. CPM jadi 50K.

        Apakah karena pakai dynamic ads cpm jadi mahal?

        Balas
        • Bisa jadi, tp saya blm atau korelasinya. Solusi paling valid utk tau jawabannya : tes aja bikin campaign, adset & ads yg sama persis, tp jangan pakai Dynamic Ads.

          Balas
  36. Selamat malam mas.. Mau tanya saya sudah beberapa kali ngiklan di fb ads dan udah nemu winning campaign dengan ctr link 9.7% tapi sedikit yang masuk ke pembelian.. Itu gimana ya?

    Balas
    • Winning campaign itu bukan yang CTR tinggi. Winning campaign itu iklan yg hasilkan duit. Percuma data dashboard bagus kalau ngga hasilkan penjualan, haha.

      Kenapa sedikit yang beli ? Ya harus di analisa dulu journey nya dari awal user klik iklan sampai real bayar. Data jeleknya di bagian mana, gitu.

      Balas
      • Oalaaah wkwk oke mas siap paham.. Masih newbie banget

        Nah cara menganalisanya lewat apa mas?

        Balas
        • Menganalisanya lewat keseluruhan data mas.

          Contohnya : jualan madu. Alurnya klik iklan > masuk web > klik order via wa > chat > closing.

          Tinggal analisa :

          1. Orang yg klik iklan banyak ga ? Oh CTR tinggi 4% artinya konten iklan aman.
          2. Jumlah klik iklan VS yg masuk ke landing page diatas 75% ga ? Kalau iya, load speed web aman, ga banyak user yg bounce.
          3. Yang udah masuk web brp orang yg akhirnya lanjut chat WA ? Ternyata sedikit bgt. Artinya adalah masalah di konten web, entah copywriting, pricing, letak tombol CTA, atau faktor lain.
          4. Yang udah lanjut ke wa dan akhirnya closing banyak ga ? Kalau dikit, artinya cs nya payah ga jago closing. Harus naikkan closing rate.

          Jadi semua data harus di breakdown, agar ketauan penyakitnya dimana.

          Balas
  37. Halo selamat malam kak Rizky. Saya mau menanyakan.. kemarin saya buat iklan 3 hari = 20rb/hari
    Lalu saya ingin membuat iklan lagi 3 hari dengan biaya 20rb/hari juga. Tetapi pada bagian budget dan duration ada masalah : “you’re over the spending limit set in ads manager. Please adjust your limit so this promotion can be delivered”
    Setelah saya visit ads manager dan saya update limit menjadi 0 tertulis “invalid change for a prepay account. This change is invalid for a prepay account”
    Saya sudah coba menjadi 0 rupiah atau 60.000 atau 40.000 tetap tulisannya invalid. Saya remove limit pun juga tetap invalid. Bagaimana ya kak kl seperti ini? Moga kaka bisa membantu saya. Terimakasih.

    Balas
    • Ada 1 pertanyaan yg sama di blog ini yg menanyakan masalah yg sama, terkait spending limit. Jujur saya blm pernah alami jd blm tau persis apa penyebab dan gimana solusinya.

      Ini akun iklan baru bukan ? History pendebetan biaya lancar ngga ?

      Balas
      • selamat malam ka…saya juga sedang mengalami masalah iklan berhenti ketika amount spend sudah mencapai Rp 100.000,- akun iklan baru iya….history pendebatan lancar,saya ngiklan pake akun baru ini baru 4 hari

        Balas
        • Halo kak. Anda orang ketiga dalam seminggu ini yg punya masalah sama dan komen di blog ini. Sepertinya ada aturan baru utk akun iklan baru, namun saya belum tau solusinya.

          Balas
  38. Siang, saya mau tanya saya baru mulai main iklan dengan 1 campaigns tapi kok iklan sering berhenti di tengah jalan pas udah mencapai amount spent 100.000 perharinya.

    Untuk pengaturan limit amount spent perharinya gimana ya ?

    makasih pak

    Balas
      • saya baru buka 1 kampanye 3 set iklan

        1 set iklan itu buget Rp 50.000

        nah ini amount spent nya 1 kampanye kalau udah Rp 100.000 iklan langsung berhenti sendiri

        Balas
        • Coba masuk menu billing, cek bagian “set your account spending limit” pastikan dikosongi.

          Balas
          • sudah saya set di “set your account spending limit” 0 atapun buget nya saya ganti ke angka 1.000.000 tetap hasilnya sama pak.

            saya coba buka 2 kampanye :
            kampanye pertama – amount spent 80.000
            kampanye kedua – amount spent 20.000
            total kampanye tetap 100.000 dan semua iklan lansung tidak jalan lagi pak

          • Kebetulan saya blm pernah alami jd blm bisa kasih solusi yg tepat. Mungkin bisa dicoba pakai Ad Account lain di BM yg sama ?

      • saya buka 1 campaigns 3 ad set dan buget per hari nya 50.000

        tapi tetap aja amountspent limit nya kalau udah 100,000 langsung iklan berhenti

        Balas
        • Masuk menu billing, cek bagian “set your account spending limit” pastikan dikosongi.

          Balas
  39. Pagi, ka

    ka saya baru memulai iklan businees facebook tapi kok
    results = 0
    website leads = 0
    amount spent tetap berjalan

    tapi real whattsapp masuk ada 3..

    apa ada kesalahan dalam pembuatan landingpage nya ??

    makasih sebelumnya

    Balas
    • Agar metriks2 tersebut berjalan perhitungannya, perlu ditanam pixel FB di website nya, agar bisa di track. Apakah sdh dilakukan ?

      Balas
  40. obj : traffic

    reach= 2.210
    view content = 9
    website view content = 9
    click all = 104
    link click = 64
    outbound click = 64
    landing page view = 34
    ctr = 4.62

    pertanyaanya
    1. apa penyebab lp view dan view content angkanya berbeda. mohon solusinya.
    2. web saya mungkin lemot. karena angka klik ke lp view dibawah 75%. tapi score gt metrix page speed 97%. yslow score 86%. apa penyebabnya mas ?

    Balas
    • GTMetrix bukanlah patokan. Ga usah dipedulikan. Yang real adalah angka di dashboard FB.

      Harusnya dari 64 orang yg klik website, ( idealnya ) minimal 48 orang berhasil mendarat di halaman web alias LP View.

      Saya juga ga tau wujud halaman webnya, adapakah ada preload system ( bawaan theme biasanya ), apakah pake page builder, dll

      Balas
  41. Assalamualaikum kang Alief mau tanya
    Saya iklan conversion dengan optimasi lead di dalamnya. Iklan baru jalan 1 hari budg 60k/ day closing lewat WA only.
    Cpc nya 556
    Ctr nya 1.10%
    Lead nya 17
    Chatnya 3
    CPR : 892/lead
    Freq nya 1.04

    Pertanyaan nya:
    1. Kenapa freq bisa lebih dari 1.00 padahal target nya 1.4 juta
    2. Leads tinggi 17 tapi chat 3 apakah krna landing page?
    3. Ctr nya apakah masih aman?

    Hatur nuhun kang

    Balas
    • Wa’alaikumsalam kang,

      Pixel leads dipasang di button CTA kah ? Jadi yg klik 17 tapi real chat masuk 3 gitu ya ?

      1. Saya lupa, tp seingat saya start angka frequency emang dimulai dari angka 1 kok, jd ga ada yg 0,8 gitu misalnya. Jadi tdk ada masalah. harusnya akan bertahan di angka 1 dalam waktu lama, karena audience nya besar.

      2. Yang klik 17 tapi yg lanjut chat ada 3, bisa karena greeting message nya, mungkin user kurang pas, coba edit dan ukur lg, utk test. Diluar dari faktor tersebut, memang selalu ada selisih. Kalau saya standardnya real chat minimal > 30% dari angka pixel fired di dashboard.

      3. Aman kang, selama diatas 1% menurut saya sdh cukup oke kok.

      Angka CPC dan CPR sdh bagus utk iklan yg baru jalan. Jadi tinggal dipantaiu aja pergerakannya. Baru jalan sehari, jd masih minim data.

      Balas
  42. Iklan objective traffic, Rp.30.000,-/day, dari yang klik tautan yang berhasil landing ada 482 ka, nah dari sini terjun drastis yang atc hanya 13, berhasil masuk WA 6, closing 2, profit 210rb

    Balas
    • ViewContent ke ATC sekitar 2,6%, anjlok.
      ATC ke real WA 46%, bagus diatas 20%
      Closing rate 33% bagus

      Artinya memang ada masalah di LP yg menyebabkan orang ga lanjut ke WA. Penyebabnya seperti komentar saya sebelumnya. Itu saja coba di analisa.

      Iklannya udah bagus banget ini. Tinggal poles LP nya aja.

      Balas
        • Hai mas alif, masih newbie nih. Jadi apakah bisa merubah link yg terdapat pada pixel facebook. Karna kemaren coba pasang iklan baru, pake pixel yg ngelink ke semacam pesan.link , Ternyata waktu iklan tayang saat klik tombol malah mengarah ke playstore unduh WA. Bukan ke link WAnya. Apakah sebaiknya tak usah menggunakan pixel2an. Mohon arahan

          Balas
          • Pertanyaan saya, mas pakai pixel, mas pakai pesan.link, sdh tau blm fungsinya ?

            Pesan.link 100% pasti mengarah ke wa kalau dibuka dari hp. Kecuali hp nya ga ada wa ya wajar diarahkan ke playstore ( ini jg saya blm pernah coba, jd gatau apakah benar diarahkan ke playstore, atau mas ada kesalahan setting )

  43. Assalamu’alaikum ka guru. Maaf saya mau menghantui lagi dengan pertanyaan saya. Mau minta pendapat, menurut analisa ka guru, ini saya salah dimana ya, saya takut salah analisa.
    •Iklan berjalan 6 hari
    •Jumlah yang dibelanjakan Rp.180.325,-
    •Jangkauan 65.535
    •Klik Tautan 1.227
    •Biaya Per Tayangan Halaman Rp.384,-
    •CPC Rp.90,-
    •CTR 2,38%
    •Dan saya fokuskan orang² yang sudah berhasil masuk web untuk klik button WA yang saya pasang pixel ATC.. Jumlah ATC kayanya drop bgt hanya 13.
    • Total profit yang saya dapat Rp.210.000,-
    •Iklan diatas saya jalankan 2 kali, 3 hari pertama menurut saya yg klik WA sedikit tp yg masuk LP lumayan banyak, jadi saya perbaiki tampilan LP, tapi di iklan kedua, LP saya sepertinya masih blm meyakinkan orang yang mendarat untuk klik WA.
    Bagaimana menurut ka Guru?
    Maaf kaya ngasih tugas ini.

    Balas
    • Wa’alaikumsalam, salam kenal.

      1. Iklannya pakai objective apa ?
      2. Reach diatas 10% dari ad spent, udah bagus.
      3. CTR cukup tinggi 2,38% artinya iklannya bagus
      4. CPC sangat murah, artinya udah bagus

      Masalahnya ga ada yg klik WA ya ? Artinya LP nya kurang “menggugah” orang untuk lanjut ke WA.

      Bisa karena :

      1. Sales copy kurang greget
      2. Letak tombol CTA kurang strategis
      3. Jumlah tombol CTA terlalu sedikit
      4. Kalimat di tombol CTA kurang persuasif
      5. Warna tombol CTA kurang kontras
      6. Salah harga ( kemahalan )
      7. Kurang gimmick ( diskon / harga coret / bonus / lainnya )

      Jadi harus di analisa dari 7 poin di dalam LP itu mana kira2 yg menyebabkan orang ga lanjut ke WA.

      Balas
  44. Salam kenal mas alief, terima kasih atas postingan yang sangat bermanfaat ini mas.

    Saya mau tanya mas, saya sudah jalankan iklan conversion selama 4 bulan dengan optimasi view content. Data yang saya dapatkan :
    Reach : 469.114
    link clicks : 8.402
    content views : 13.376
    CTR : 0.68%
    ATC : 222
    IC : 76
    frequency : 2.63 %
    purchase website : 26
    purchase wa : 256

    Alurnya customer klik iklan kemudian masuk ke website, pilih produk, bisa transaksi di website atau bisa juga pembelian via wa (ada pilihan klik tombol beli via wa di website).

    Dengan data yang ada sekarang kira” analisa untuk iklan saya gimana ya mas? apakah saya perlu buat iklan baru dengan optimasi view content dengan audience baru atau bisa menggunakan data view content untuk buat CA VC?

    mohon maaf kl ada kekurangan data dan salah dalam penyampaian mas.

    Balas
    • Salam kenal mas Ivan.

      0. Pastikan iklan sudah profit apa blm ? Hehe.

      1. Data ViewContent sudah banyak. Bikin aja CA dan LLA dari sini. Ga perlu ke audience baru lagi.

      2. Optimasi Adset masih di level ViewContent selama ini ? Coba duplicate ke campaign baru, lalu naikkan optimasinya jadi ATC. Karena sample ATC sdh cukup banyak juga. Atau kalau mau ambil resiko ( ini gaya saya ) ya campaign yg ada aja di edit Adsetnya, naikkan optimasi jadi ATC.

      3. All purchase di upload datanya mas, jadikan CA LTV, lalu buat LLA nya. Jalankan campaign Conversion baru, mulai dari optimasi VC lalu naik perlahan ke ATC setelah datanya bagus.

      4. Maksimalkan lagi ad copy & image, utk dongkrak CTR nya.

      5. Udah jalankan iklan retargetting ? Pakai Reach aja. Utk VC exclude ATC, utk ATC exclude IC.

      Kira-kira itu sih yg akan saya lakukan dengan data diatas. Anyway, keren mas, datanya lengkap & penyampaiannya baik. Jadi mudah analisanya.

      Sukses selalu mas.

      Balas
      • Sejauh ini sih iklan tidak sampai boncos mas, tapi masih pas” saja keuntungan untuk bayar iklan, hehe.

        Terima kasih banyak mas atas sarannya semua, saya coba jalankan semuanya mas, kalau ada kesulitan nanti saya bertanya lagi ya mas, hehe. Terima kasih mas alief.

        Balas
        • Siap mas, sukses selalu ya. Jangan sungkan untuk bertanya kalau ada kendala lagi.

          Balas
  45. Assalamualaikum mas alie.
    saya mau tanya tentang edit landingpage ketika dalam masa promosi apakah diperbolehkan oleh fb ? takut melanggar mas hehe.
    barang kali ada pengetahuan tentang rules and terms tentang fb ads di LP bisa dikasih ilmunya mas
    terima kasih

    Balas
    • Wa’alaikumsalam. Saya sering kok edit-edit mas. Selama sifatnya hanya minor saja, saya rasa ( menurut saya ) tdk masalah. Kalau menurut rules kurang paham jg deh, hehe.

      Balas
  46. Assalamualaikum Mas Alief,

    Artikel pengetahuan yang Bagus terimakasih. Kasus yang saya temui adalah gagal closing karena customer minta COD. Kalo ada pengalaman mhn dibahas juga ya mas.

    Terimakasih

    Balas
    • Wa’alaikumsalam. Terima kasih sudah berkenan mampir mas. Untuk menyiasati hal tersebut bukannya sudah banyak layanan ekspedisi yg support COD ya ? Kebetulan saya tdk punya pengalaman, karena yg saya jual adalah jasa.

      Balas
  47. Halo om, mau nanya
    Saya kan iklan pakai objektif conversion dengan 1 campaign 5 adset dan 2 creative setiap adset nya

    Kenapa ya om kok creative nya gak merata spend harian nya

    Misalnya creative 1 , total spend nya hari ini cuman habis Rp 100 perak
    Dan creative yg kedua total spend nya Rp 8000

    Itu kenapa bisa terjadi kayak gitu om?

    Balas
    • Ya justru bagus. Jadi terlihat creative mana yg performanya lebih bagus, itu yg dioptimalkan Facebook. Kalau semuanya diratakan, ngga ketauan mana iklan bagus mana iklan jelek. Jadi ga tau mana yg harus di kill mana yang harus di scale up.

      Balas
  48. Saya menaruh event purchase di beli setelah isi form.karena produk saya cod

    Apakah harus menaruh event lead di tombol beli setelah isi formulir.

    Karena di analystic facebook puxel seharusnya kan jika tombol beli sudah di tekan setelah isi formulir akan masuk ke wa saya.tapi tidak ada sama sekali

    Bisakah saya bergabung dengan grup bapak

    Balas
    • Jadi alurnya adalah lihat web >> isi form >> klik tombol beli >> otomatis masuk whatsapp, begitu kah ? Event purchase ada di tombol beli, begitu kah ?

      Mungkin ada masalah dengan formnya, sehingga tidak redirect langsung ke whatsapp. Memangnya pakai plugin form apa ya ?

      Mohon maaf saya tdk membuat group mas. Semua diskusi saya arahkan di blog ini saja, jadi saya akan membalas semua komentar masuk.

      Balas
  49. Mas,saya mau tanya
    Kok pembelian yg di fb ads masuk ada 37 org tetapi yg masuk di data ordernya cuma 1 org ya?
    Berbeda dgn waktu itu pembelian 14 orang masuk di data order ya 14 orang..

    Balas
    • “waktu itu” yg dimaksud tuh waktu kapan ? Apa yg membedakan “waktu itu” dengan yg sekarang ? Apa saja yg sdh diubah ? Yang dimaksud “pembelian di FB” itu = pixel Purchase kah, atau bagaimana ?

      Perlu di analisa dulu. Ngga bisa langsung di jawab hanya berdasarkan data yg minim dari pertanyaan mas.

      Balas
  50. Mas mau tanya,
    Pemasangan pixel sudah benar setelah cek pixel helper
    Dan event pembelian sudah saya pasang di tombol beli di formulir pemesanan
    Tetapi tidak ada data yang masuk sama sekali
    Hanya saja di analystic pixel facebooknya sudah banyak yang beli
    Saya juga cek google analystic ramai
    Kenapa bisa seperti itu ya?apakah saya salah memakai konversi anggara sudah habis 2.7jtan yang beli hanya 6

    Balas
    • Tombol beli di form pemesanan apakah artinya sdh transfer ? Belum kan. Berarti itu leads, bukan pembelian.

      Cek di Analytics pixel FB sudah banyak yg beli ? Banyak yg beli atau banyak yg pesan ? Bedakan antara beli ( sudah bayar ) dan baru pesan ( cuma isi form ).

      Yang beli hanya 6 ? Kembali lg, yang 6 ini beli ( sdh transfer ) atau baru pesan ( cuma isi form ) ?

      Saya agak bingung dengan persepsi dari mas.

      Balas
  51. Hallo kang alief sehat selalu yahh..

    untuk penempatan posisi pixel event view content disebalah mana yah? karena saat ini saya pasang di paling bawah landing page setelah CTA order sekarang. karana yg terjadi sekarang selalu ada perbedaan jmlh page view dan view content mungkin karena posisnya yg dibawah jadi tidak ter trigger yah kang.

    kalo ATC direct WA nanti klo mau optimasi conversion purchase nya gimana ya kang

    mungkin itu saja dulu kang hehe nuhun

    Balas
    • Memang pasang pixel pakai metode apa ? Manual input script, sdh ada fitur di theme, atau pakai plugin ? Semua pixel letaknya selalu di bagian header.

      Setelah orang bayar, suruh aja klik halaman konfirmasi yg dibuat sendiri & sudah dipasangi pixel Purchase. Jadi bisa tetap mengumpulkan pixel Purchase.

      Balas
  52. Mas misalkan ads Fb tanpa web/Lp bagaimana? jadi mengandalkan kekuatan copywriting yg ke direct no wa saja? nuwunn

    Balas
    • Jadi dari iklan langsung masuk ke WA ? Secara iklan ya bisa saja. Secara data ngga bagus. Akan kesulitan baca data jika ada masalah, seperti :

      1. Orang yg sdh klik iklan tp ga jd masuk WA, ga bisa di retargetting lagi, karna ga direkam datanya ( soalnya ga masuk web )

      2. Orang klik iklan tuh mau tau infonya lebih lanjut, lebih nyaman baca dulu infonya di web, kalau tertarik baru klik WA. Kalau dari iklan langsung masuk WA, bisa jd banyak yg kabur. Karna ngga semua orang mau langsung ke admin. Maunya baca-baca dulu. Kecuali beriklan ke orang yg sdh pernah beli di Anda, ga masalah, karna mereka udah kenal.

      3. Sebagus-bagus copywriting di iklan, menurut saya tetap butuh support copywriting di web yg lebih lengkap, lebih tervisualisasi. Dibanding menjelaskan semuanya di WA.

      Dan banyak lagi kekurangan lainnya. Intinya, kalau mau serius jualan, dan ingin membesar jd sebuah bisnis, website adalah aset wajib yg harus dimiliki utk collecting data.

      Business is about data.

      Balas
  53. Assalamualaikum, kak. mau minta solusi nih . saya buat iklan di fb ads, tpi ketika memilih tujuan pesan itu ke whatsapp malah nggak bisa dan muncul pesan kaya gini “Iklan yang mengarahkan ke WhatsApp bisa dibuat setelah beberapa minggu sesuai kebijakan kami.”.

    solusi untuk masalah kaya gini gimana kak ?

    Balas
    • Wa’alaikumsalam. Solusinya sudah jelas, baru akan bisa dibuat setelah beberapa minggu beriklan. Jadi diikuti saja apa kata Fb nya.

      Balas
      • selamat malam mas, maaf saya baru belajar mengenai fb ads.

        1. saya mengalami hal yang serupa ketika buat iklan di fb ads, tapi ketika memilih tujuan pesan itu ke whatsapp malah nggak bisa dan muncul pesan kaya gini “Iklan yang mengarahkan ke WhatsApp bisa dibuat setelah beberapa minggu sesuai kebijakan kami.”

        2. masalah yang ke2 Akun WA Business saya tidak bisa disambungkan ke facebook page ny, selalu terjadi error ketika saya memasukan kode konfirmasi yang dikirim facebook ke akun WA Business, padahal kode yang dimasukan sudah benar?

        Balas
        • Selamat malam, terimakasih sudah berkenan mampir mas.

          1. Saya rasa masalah ini clear ya. Sesuai yg mereka infokan.
          2. Apakah Fanpage nya baru bikin ? Kalau baru emang suka gitu, hrs udah agak lama ( beberapa minggu )

          Balas
          • Untuk fanpage ny, memang masih baru sih mas.

            Terima kasih banyak mas untuk jawaban yang sudah diberikan.

          • Siap sami2 mas. Fanpage baru memang begitu kok.

  54. Saalam kenal mas Alief. Terima kasih atas semua postingannya. sebagai pemula dalam dunia fb ads, saya sgt terbantu dengan tulisan mas ini. saya membaca semua dan mulai mencoba mempraktekkannya.

    Saya mau nanya mas, saya buat iklan dgn objective (link click) ke LP melalui platform instagram. Nah di dalam LP tsb saya sdh pasang pikselnya. Skrg saya mau analisa jumlah pengunjung yg sdh sampai di add to cart & initial checkout melalui ads report. Saya coba customized report tabelnya dengan memilih jumlah add to cart & initial checkout tetapi hasilnya tidak ada. Apakah saya salah pasang pixel atau gmn ya?

    Mohon solusinya mas. Thanks

    Balas
    • Ketika metriks ATC dan IC di ads manager tidak tampil angka, maka sudah jelas pixelnya belum bekerja. Kenapa belum bekerja ? Kemungkinannya cuma 3, belum di pasang, salah pasang di halaman yg berbeda, atau sudah di halaman yg benar tp cara memasangnya salah.

      Buka halaman yg sudah dipasangi pixel ATC dan IC, lalu cek menggunakan pixel helper ( addon chrome ), harusnya muncul event ATC atau IC nya, dan centang hijau.

      Artinya tidak bermasalah.

      Balas
      • Oh iya mas.
        Maksud dari Salah pasang di halaman berbeda sprti apa mas ? Apakah ada ketentuannya ?

        Saya sudah pasang pixel helper dan setelah saya cek di halaman yg saya pasang ATC & IC, bekerja kok mas (centang Hijau).
        Cuma kok bisa gak kebaca di ads report ya

        Balas
        • Tidak ada ketentuan apa-apa. Maksudnya, misalnya iklan diarahkan ke halaman A, padahal pixel dipasang di halaman B, jelas tidak akan ter-trigger pixel event nya. Itu maksudnya salah pasang.

          Kalau pixel event sudah bekerja & centang hijau, artinya sudah oke, dan harusnya metriks di ads manager terbaca. Atau, bisa jd memang ga ada pengunjung yg lanjut ke ATC apalagi IC ? Kalau berkenan, kirim aja URL halaman yg ada pixel ATC & IC ke email saya rizki[at]aliefirfany[dot]com.

          Balas
  55. Ka mau tanya kalau advertiser standar maksimalna bisa megang dan analisa berapa campaign ya?

    Balas
    • Ga ada batasan, karena kemampuan setiap orang berbeda-beda. Tergantung campaign apa jg yg sedang dijalankan. Jadi intinya tdk ada angka yg baku.

      Balas
      • oia mas ini hasil campaign 7 hari terakhir saya,
        reach nya 419,840
        impresi 469,835
        cpr Rp1,250
        result klik tombol wa 2,236
        tapi yang masuk per hari 17an wa
        sy jual produk seharga 3.5 jutaan

        budget udah terpakai 2,7 jutaan

        itu iklan sy termasuk bagus ga ya mas perform nya?

        Balas
        • 1. Angka CPR sudah super murah utk produk semahal itu ( walaupun saya ngga tau berapa margin profit per sales )
          2. Total result 2.236 klik WA, tapi aktual yg masuk 17an per hari atau sekitar 120an seminggu. Artinya hanya sekitar 5-6 persen dari data dashboard. Kalau saya minimal 15-20 persen standardnya. Mungkin banyak yg klik tp ngga lanjut masuk chat. Coba tes ganti kalimat CTA di dalam chat nya.

          Dan yg terakhir, apapun datanya, balik lg ke goalnya, iklan sdh profit atau blm ? Selama profit, ya hajar aja kalau saya. Ngga terlalu kaku dengan angka-angka di dashboard, karena angka-angka tersebut sangat dinamis.

          Balas
          • wah mantap mas sy dpat pencerahan standarnya makasih ya mas, ini kalimat CTA nya mas Saya Minat Jadi Mitra **
            Semoga Masih Dapat Harga *Diskon*

            Sebelum Bergabung, ada yang Mau Saya Tanyakan dulu, ini oerlu di rubah lagi ga ya?

          • Dari saya sih udah cukup. Tapi tidak ada salahnya dicoba untuk tes, siapa tau datanya berubah.

  56. Yang saya binggungkam mas iklan konversi lead nya ada 36 ga ada masuk ke wa, landing page sudah benar di settingnya
    Ada solusi mas

    Balas
    • Solusinya sudah saya tulis di artikel ini mas. Silahkan di baca ulang saja pelan-pelan.

      Balas
  57. Mas boleh konsultasi masalah fixel engga, iklan kami suka boncos

    Balas
      • Soalnya lead ada 14 ga ada yang masuk ke wa
        Landing page sudah benar susunannya
        Ada solusi

        Balas
        • Solusinya sudah saya tulis di artikel ini mas. Silahkan di baca ulang saja pelan-pelan.

          Balas
  58. Mas mau tanya lagi dan akan terus bertanya nih kayaknya hehe.. Saya analisa iklan saya, saya belum punya LP, saya arahkan langsung ke messenger dengan hasil 13 percakapan dari jangkauan 9704, klik tautan (unik) 114, klik tautan 120, klik tautan (semua) 338.
    Pertanyaan saya: Ini CTRnya rendah banget ya mas, nah maksud/perbedaan dari klik tautan unik, klik tautan dan klik tautan semua itu gimana ya mas? dan kenapa yang masuk ke messenger hanya 13? Itu ada yang salah ya?
    Waktu saya arahkan ke WA juga gt, apakah link terlalu panjang berpengaruh? Harus sya pendekkan? Ya, memang enaknya punya LP untuk punya data ya mas, saya penasaran sama data tsb. kira-kira knp? Mohon maaf pertanyaannya panjang ya mas, semoga Allah balas kebaikan mas dan semakin sukses aamiin..

    Balas
    • CTR link berapa ? 1.2% bukan ?

      Funnelnya cukup pendek, dari orang lihat iklan, klik, langsung masuk messenger ( leads ), benar begitu kan ya ? Jadi ngga ada fase ViewContent ( LP ) yg bisa digunakan untuk edukasi produk, benefit, dan mempersuasi user untuk mau hubungi kita ( baru disini masuk leads ). Sah-sah saja sih, selama profit.

      Aktual klik & real chat pasti berbeda, hampir ngga pernah sama. Pasti ada drop rate, beberapa penyebabnya sesuai yg sudah saya jelaskan di artikel ini.

      Klik tautan semua : Klik link, gambar, dan “see more” dihitung juga sebagai klik.
      Klik tautan unik : Orang-orang baru yg klik link iklan ( ngga ada duplikasi data ).
      Klik tautan : Orang yg klik link iklan ( bisa jd orang baru, bisa jd orang yg sama klik 2x ).

      Dari reach ke leads ( masuk Messenger ) terjun bebas mungkin karena orang malas, mereka maunya baca-baca dulu info produknya, baru chat seller untuk nanya. Ini klik iklan langsung masuk chat, mereka lebih pilih keluar. Ini cuma asumsi saya ya, belum tentu benar. Isi iklannya gimana saya juga ga tau.

      Jadi perlu dipahami betul, bagaimana behaviour target market Anda.

      Balas
      • Terimakasih banyak mas.
        Iya 1.2%.
        Oya drop rate-nya itu apakah masih wajar? Dari 100-an masuk hanya 13?
        Produk yang saya jual produk fashion “Sandal” mas.

        Balas
        • CTR link 1,2% itu masih normal.

          Jumlah user klik ( 120an ) VS real chat masuk ( 13 ) = Sekitar 10% berarti. Ini cukup rendah. Kalau saya standard nya 30%. Ini ngga baku ya.

          Kenapa rendah ? Ya mungkin itu tadi yg saya asumsikan. Mungkin orang-orang maunya klik iklan terus baca-baca dulu info produknya, bukan langsung disodorin suruh chat. Karena mindsetnya kalau disuruh chat = disuruh beli. Padahal mereka belum tentu beli. Maunya lihat-lihat dulu.

          Solusi terbaiknya ya coba pake landing page.

          Kalau utk retarget orang yg sudah masuk LP tapi ngga chat, nahh ini bisa pakai metode iklan langsung masuk chat. Mereka sudah termasuk warm market, sudah tau produknya, tinggal di treatment sampai closing.

          Balas
  59. Oke mas. Wajar ga sih mas kita main conversion yg chat masuk banyak ke WA tp utk iklan kita like comment shareny ga banyak? Sering liat iklan di timeline FB iklan2 yg like comment shareny bejibun ampe skg penasaran itu PPE/conversion

    Balas
    • Kembali lagi kepada tujuan dari sebuah objective campaign.

      Conversion tujuannya apa ? Konversi ( VC, ATC, IC, atau Purchase ). Meskipun ngga ada like / komentar satu pun, tapi kalau angka konversi sesuai goal yg kita setup di Adset tercapai, ya artinya performa iklan bagus. Karena Fb akan mencarikan kita audience yg suka melakukan tindakan tertentu di dalam web ( VC / ATC / IC / Dll ), dan biasanya mereka ga suka like / komen.

      Beda dengan PPE. Namanya juga Engagement. Ya Fb akan mendistribusikan iklan kita ke orang-orang yg suka like, komen & share. Klik iklan & masuk web ? Blm tentu. Beli produk kita ? Apalagi ini.

      Jadi di setiap objective campaign, metriks yg diperhatikan berbeda-beda. Hal ini saya bahas detail di artikel “cara membaca data iklan di dashboard”.

      Makanya, sebelum menulis teknis cara beriklan, saya lebih dulu membuat artikel “13 tipe objective campaign” karena ini hal fundamental. Kita harus tau apa tujuan sebuah campaign, sehingga kita bisa membuat materi iklan yg tepat sesuai dengan tujuan campaign.

      Mau berharap banyak orang ATC di web, tapi jalankan campaign VideoViews ? Ya besar kemungkinan ngga akan tercapai. Karena yg dicari Fb adalah orang-orang yg suka menonton video.

      Balas
  60. Mas utk iklan PPE. cost per engagement yg bagus kira2 berapa Rp? Biar sy tau patokan nya. Perkiraan aja mas yg mas tau. Makasi mas ^_^

    Balas
    • Mohon maaf mas, udah lama bgt saya ngga pakai PPE, jadi udah ngga update rata-rata dapet CPE nya berapa, hehe. Mohon maaf.

      Tapi biasanya tetap akan berbeda-beda sih. Cara termudah utk tau, jalanin aja iklannya 5-7 hari. Lihat data iklan yg winning ( banyak engagement ), nah angka CPE yg muncul itulah yg biasanya saya jadiin patokan.

      Iklan-iklan berikutnya biasanya ngga jauh dari itu.

      Balas
  61. Halo mas alief pakabar mas?
    Mas saya lagi running iklan pertama nih, udh jalan 7 hari dan masih berlanjut.
    Periode 27 Jul – 2 Agustus
    Objective nya traffic dengan daily budget 20k. Berikut detail report sesuai dengan ilmu dari mas alief untuk dianalisa :

    Reach 18.727
    CTR nya 1.52%, CPC nya Rp400
    Link click nya 277, content view cuman 88 mas (35%).
    tapi kalo lihat landing page view angkanya 146 mas.

    Ini analisa nya gimana ya mas? apakah termasuk ke buruk atau gmn?
    apa yang harus saya lakukan dengan data ini? Iklan nya ini akan berakhir
    di tanggal 5 ( 2 hari lagi ). Setelah iklan ini berakhir rencana saya akan melanjutkan dengan objective yang sama yaitu traffic, namun tergantung dari saran mas alief setelah melihat analisa diatas. Apakah mengganti objective, atau funneling, atau mencoba mengganti audience dan gunakan split test?

    Mohon maaf mengganggu akhir pekan mas alief dengan serangkaian pertanyaan yang bertubi tubi.

    Terima kasih banyak sebelumnya mas.

    Balas
    • Halo mas, Alhamdulillah baik.

      LP view = Real user yg mendarat di web.

      LP view 146 atau 52% dari link click 277, besar kemungkinan ada masalah dengan speed, makanya drop rate nya. Standard saya minimal 80% ( bisa jd berbeda setiap orang ).

      VC cuma 88 ? Ada yg slh dengan peletakan kode pixelnya. Angka VC itu harusnya minimal sama dengan LP View, atau lebih ( kalau user akhirnya buka lebih dari 1 halaman di dlm web ), ga mungkin kurang dari LP View.

      Saya curiga slh taroh pixel.

      Balas
  62. Wah keren artikelnya mas, beberapa kali search artikel tentang real WA yang masuk itu sedikit, berbeda jauh dengan leads yang ada di dashboard. Baca artikel ini jadi ada pencerahan. Btw mas sendiri biasanya untuk tahap testing sampai ketemu winning campign ngabisin budget berapa mas? Hehe

    Balas
    • Alhamdulillah. Terima kasih sudah mampir mas. Wah kalau spent budget variatif sih mas, yang jelas masih kecil kok, hehe.

      Balas
  63. mas ini data saya yang click WA di dasbord fb ads ada 39 orang, nah yang masuk ke WA cuma 2 orang..
    kenapa ya kira2 ini masalahnya dimana?

    Balas
    • Hi mas Alfian.

      Ada beberapa kemungkinan :

      1. Pas klik tombol WA dari desktop kan di bawa ke web dulu, klik chat baru masuk ke WA. Bisa jadi ngga banyak yang lanjut.
      2. Pas klik tombol WA dan sudah masuk ke WA bisa jadi batal chat karena kalimat otomatis yang di setup ngga tepat. Jadi mereka ga jadi chat.

      Solusinya :

      1. Coba ngiklan hanya ke mobile aja.
      2. Buat tes beberapa isi kalimat yang berbeda. Misalnya “Hai, saya tertarik dengan sepatu ini”, lalu “Halo, saya mau tanya tentang sepatu ini”, dan sebagainya.

      Solusi lainnya, bikin form berisi 1 kolom. Calon konsumen disuruh isi nomor WA nya di kolom itu dan submit. Nanti CS kita yang hubungi konsumen. Dengan begini datanya lebih valid.

      Jadi yang di track adalah thank you page setelah mereka klik submit.

      Btw pertanyaan mas sama dengan komen yang di atas ini, hehe.

      Balas
    • Mas sy 7 hari terakhir kan lagi matiin iklan karena landing page sy lg ganti server dari sharehosting ke VPS. Nah pagi ini sy nyalakan kembali iklan saya. Tiba2 akun iklan sy didisable dgn alasan melanggar aturan..sy 3 bulan ini gapernah ada masalah apa2. Lalu sy balas emailny tp dibalas lg tidak bs diaktifkan kembali. Ini gmn solusinya?? Data pixel yg terkumpul sudah banyak sekali mas dan saya hanya pny 1 produk jualan itu,1 akun iklan dan 1 pixel tersebut 😭😭

      Balas
      • Coba di cek notifnya mas, aturan apa yg dilanggar. Di hari & jam kerja coba aja chat ke Fb support.

        Balas
        • Ini mas. Padahal gapernah ad langgar apa2. Ga ad ubah apa2. Hri ni sy cuman TURN ON iklan yg lg dipause dan iklan ud lama

          Halo, Saya telah melihat akun iklan Anda dan sayangnya kami tidak dapat mengaktifkannya kembali. Semua akun iklan dievaluasi untuk kepatuhan kebijakan dan kualitas konten iklan. Karena akun iklan Anda secara konsisten mempromosikan iklan yang tidak mematuhi Kebijakan Periklanan kami atau standar lain, akun iklan tersebut telah dinonaktifkan. Saya sarankan melihat modul Blueprint e-learning kami untuk lebih memahami Kebijakan Periklanan kami. Anda dapat mengakses modul melalui tautan ini. Terima kasih, Tim Iklan Facebook

          Balas
          • Atau bisa jadi memang ada yg melanggar sejak awal. Tapi blm pernah kena manual review jadi masih aman.

            Solusinya ya coba kirim pesan ke support, saya selalu di respon kok di hari & jam kerja. Atau via chat kalau mau lebih cepat.

    • assalamualaikum mas. mau tanya saya selalu bermasalah dengan akun. 3 akun tidak bisa dibuka karena menurut pihak fb melanggar kebijakan mereka. 4 aku tidak bisa dibuka karena ditandai sebagai aktifitas mencurigakan. saya sudah 7 kali buat akun dengan email yang berbeda beda mas. data pixel disetiap akunnya terbuang semua karena ganti ganti akun.
      kira kira mas bagaimana solusinya agak akun kita aman ?

      Balas
      • Kalau lebih dari satu kali kejadiannya, maka 100% mutlak memang ada masalah di mas ( entah disengaja / ngga ), ga mungkin sistem FB yg error.

        Masalah ini muncul pada saat baru bikin akun ? Atau saat iklan udah jalan ?

        Sdh coba bikin di device dan koneksi internet yg berbeda ? Bisa jadi MAC address laptop mas ( kalau ga slh ) atau koneksinya sdh ditandai bermasalah oleh FB.

        Balas
  64. Selamat Siang, kak.

    Kak, saya memasang FB Ads dengan model clik to WA dengan durasi 10 hari.
    Nah, link clicks to WA di FB Ads tertulis 300 cliks tapi saya hanya mendapat 10 WA.

    Bagaimana cara menganalisanya ya? atau adakah artikel mengenai hal ini?
    Thanks.

    Balas
    • Hai Maria, salam kenal.

      Maksudnya iklan masuk ke web, lalu di dalam web ada tombol WA mengarah ke CS, begitu ya ? Kenapa klik WA banyak tapi yang real masuk ke chat sedikit ? Saya curiga masalahnya ada di kalimat chat nya. Jadi banyak yang klik, tapi akhirnya bounce ( balik lagi ). Boleh tau kalimatnya apa ?

      Biasanya saat klik tombol WA akan tampil kalimat tertentu yang sudah kita set sebelumnya kan ? Asumsi saya, biasanya karena kalimatnya terlalu to the point seperti “saya mau order” atau sejenisnya. Harusnya dibuat lebih halus misalnya “saya mau nanya tentang produk ini dong”.

      Karena ngga semua yang chat mau langsung order. Ada yang mau nanya-nanya dulu.

      Balas

Mau Diskusikan Sesuatu ?

Jelaskan secara detail pertanyaan Anda agar saya bisa paham. JANGAN pakai emoticon, nanti masuk spam.