Lakukan 5+ Hal Penting Ini Sebelum Beriklan

Ada beberapa persiapan sebelum beriklan yang harus Anda lakukan. Pastikan Anda membaca artikel-artikel sebelum ini, termasuk tulisan terakhir saya tentang Pixel Facebook.

Saya dan Anda sama – sama tahu sejak dulu cara beriklan di Facebook tidak mengalami perubahan yg terlalu signifikan, teknisnya masih sama.

Memang ada banyak update yang terus-menerus dilakukan oleh Facebook. Namun secara keseluruhan, cara membuat campaign masih sama, dan tidak akan membuat bingung jika Anda sudah pernah beriklan di Facebook.

Oleh karenanya, kalau mau menjual produk / jasa lewat Facebook Ads, menurut saya fase terpenting sebenarnya bukan pada saat setting iklannya saja. Ada yang lain sebelum itu. Lalu apa dong yang penting ? Nih, silahkan dipahami.

Persiapan Sebelum Beriklan

1. Pilih Produk Yang Akan Dijual

Sebelum mulai beriklan, tentunya Anda sudah harus tau produk apa yang akan Anda jual di Facebook nantinya. Silahkan analisa kelebihan dan kekurangan produk, info persaingan dengan kompetitor, dan hal-hal penting lainnya seputar produk Anda.

Semakin detail menganalisa, semakin Anda menguasai produk itu.

Ingat, customer tidak membeli produk Anda, tapi membutuhkan solusi yang Anda tawarkan melalui produk tersebut. Customer juga tidak suka dijuali, tapi mereka suka belanja, hehe.

2. Analisa & Tentukan Buyer Persona

Anda mau jualan ke siapa ? Usia berapa ? Tinggal dimana ? Kerjaannya apa ? Kesukaannya apa ? Suka nongkrong dimana ? Hobinya nonton apa ? Dan banyak lagi data yang bisa digali.

Semakin detail Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, akan semakin baik Anda mengenali calon target konsumen. Ingat, saat beriklan di Facebook Anda sedang menawarkan solusi kepada orang yang membutuhkan. Kalo ngga butuh ? Ya ngga akan beli.

Dan berbekal data-data buyer persona diatas nantinya akan memudahkan Anda saat mengatur targetting Adset iklan di dalam dashboard Ads manager.

3. Tentukan Tujuan Beriklan di Facebook

Mau di giring ke web kah ? Mau di suruh hubungi Whatsapp ? Atau mau diarahkan ke FB Messenger ? Anda harus pastikan ini, sehingga bisa menentukan jenis campaign yang tepat.

Dengan mengetahui tujuan beriklan di Facebook juga akan memudahkan Anda dalam membaca data di dashboard Ads manager. Anda jadi lebih paham metriks-metriks apa saja yang harus diperhatikan, terkait dengan goal iklan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

4. Tentukan Parameter Split Test

Kalau Anda sudah yakin & pede dengan riset audience nya, yaudah ngga perlu split test. Tapi saya sarankan tetap lakukan split test, untuk mengetahui komposisi iklan yang terbaik.

Apa saja yang perlu di tes ? Di bagian Adset bisa tes usia, jenis kelamin, kota tempat tinggal, atau pengelompokkan interest. Split test adalah langkah menemukan “komposisi” terbaik.

5. Persiapkan Materi Iklan

Buat target market Anda stop scrolling timeline mereka saat melihat gambar iklan Anda, dan penasaran untuk klik saat membaca Ad copy iklan yang Anda buat.

Di bagian Ads juga bisa melakukan split test, misalnya antara video & gambar, atau Ad copy yang berbeda, atau bahkan produk yang berbeda. Banyak sekali variabel yang bisa dijadikan parameter split test, sesuaikan dengan kebutuhan Anda saja ya.

Persiapan Tahap Akhir

Setelah menyelesaikan 5 persiapan sebelum beriklan, baru deh masuk ke Ads Manager untuk mulai beriklan di Facebook. Paling hanya 45 – 60 menit untuk membuat sebuah campaign.

Yang lama dan krusial adalah fase risetnya.

Kata guru saya Army Alghifari, produk yang bagus bisa menolong iklan yang buruk, tapi settingan iklan terbaik akan sulit menolong produk yang buruk / ngga punya value.

Semoga penjelasan singkat dari saya bisa bermanfaat dan menjadi panduan bagi Anda ketika akan beriklan di Facebook. Memang sederhana, tapi penting. Ada pertanyaan ?

 

Diskusi Pembaca . . .

  1. Mas alief mau tanya menghitung efektivitas iklan kita. Misal saya jalankan iklan traffic dengan budget 100rb perhari. Nah yg jadi acuan saya buat tau efektif gak nya dari budget 100rb td misal bisa hasilkan brp klik perharinya atau brp persen CTR nya minimal baru bisa dikatakan efektif mas? Supaya bisa di scale out budgetnya

    Balas
    • Yang pertama, harus bisa baca data. Jadi dilihat semua metriks. Cek artikel saya tentang “cara membaca data iklan” dan “menganalisa masalah dalam iklan”.

      Kedua, syarat untuk scale out / up adalah iklannya sudah profit ( kalau goalnya sales ). Jadi sederhananya, iklan yg efektif ya iklan yg profit. Kalau nggak profit, di scale up / out ya makin banyak dong boncosnya ?

      Balas
  2. Tnya mas, saya beriklan 200Rbu /Campaign dan iklan saya lebih rame pada malam hari.

    Pertanyaan saya pak :
    Saya mau matikan iklan dipagi -sore hari dan nyalakan kembali pda malam hari dan saya ingin scale up dari budget iklan 200rbu menjadi 1juta agar prospek bisa cepat, apakah pengaruh ke perfoma ya pak ?

    Biasa pak rizki menggunakan teknik sprti ap ya agar scale up dri 200rbu – 1jta lalu pagi turunin lgi menjadi 200rbu dan malam scale up lagi bgtu seterusnya agar perfomance stabil dan bagus ? Terima kasih

    Balas
    • Solusi gampangnya : Setup campaign pada lifetime budget, bukan daily budget. Jadi bisa atur jam tayang iklan. Plus bisa masukkan all budget. Misal untuk sebulan 10 Juta. Jadi berapa spent per hari akan diatur algoritma FB.

      Namun saya ingin berpendapat beberapa hal.

      Iklan yang sering dinyalakan-dimatikan secara manual / pakai rule akan berpengaruh ke performa. Jadi saran saya jalanin aja terus. Pagi ke siang sepi ? Tapi tetap ada leads masuk kan, dan itu bisa dimaksimalkan. Nanti algoritma FB yang akan membaca jam2 ramai iklan Anda, dan akan mengoptimalkan budget di jam tersebut. Setting budget pakai CBO.

      Scale up budget itu 20-30 persen dari budget awal, per 3-7 hari. Jangan langsung drastis naik, akan mengakibatkan masuk learning phase lg dan performa drop.

      Balas
  3. Mas ini saya jalankan iklan dgn audience LLA dari web, fanspage, email list dan no hp koq nihil ya hasilnya tidak ada laporan penayangan halaman tujuan sama sekali. Beda sekali kalau pake CA dan broad audience selalu ada pergerakan. Knp ya? Btuh pencerahan

    Balas
    • Tdk ada hubungan antara jenis audience dan metriks LandingPage Views. Kalau yang klik iklan banyak dan LP View benar2 nol pastikan web bisa di akses, atau URL web yg dimasukkan di bagian Ad benar.

      Balas
  4. Ada saran itungan budget ads hariannya untuk produk bermargin ratusan ribu, 1jt keatas dan diatas 25jt mas?

    Balas
    • Tidak ada mas kalau saya, start dari 50-100 ribu per hari. Kalau profit ya scale up / out.

      Balas
  5. Mas Alief,

    Mohon tanya kalo kita melakukan split test, itu berapa lama yah waktu dibutuhkan dalam menjalankan split test? Maksudnya 2 hari kah? 3 hari kah? Atau ada jumlah waktu tertentu?

    Terimakasih

    Balas
    • Tujuan split test kan untuk mencari tau yg mana yg lebih baik ( tergantung apa yg di split test. Audience kah, gambar iklan kah, caption iklan ka, dll ). Biasanya saya menjalankannya 3-5 hari tergantung kebutuhan & besarnya budget saat split test.

      Balas
  6. Halo Mas Arif,

    Ini dia konten yang saya tunggu-tunggu.

    Saya pernah mencoba beriklan di Facebook Ads. Tapi, hasilnya tidak seperti yang saya harapkan.

    Semoga dengan adanya blog ini, bisa membantu saya cara beriklan yang benar, profit, dan tidak boncos.

    Terima kasih sharingnya, Kang Arif.

    Salam,
    Untung Kasirin

    Balas
    • Halo mas. Semoga bisa saling bersinergi ya. Terimakasih sudah mampir.

      Balas

Mau Diskusikan Sesuatu ?

Jelaskan secara detail pertanyaan Anda agar saya bisa paham. JANGAN pakai emoticon, nanti masuk spam.