Langkah Membuat Business Manager Account

Pada sore hari ini saya akan membahas tentang langkah-langkah membuat Business Manager account di Facebook Ads. Biasanya sih lebih dikenal dengan sebutan BM ( Business Manager ).

Beriklan di akun personal memang bisa-bisa saja. Namun ada beberapa kelebihan BM terutama jika iklan Anda dijalankan oleh tim, bukan oleh Anda sendiri. Beberapa kelebihannya :

  1. Praktis mengelola akun Ads dan Fanpage dalam satu dashboard.
  2. Bisa memberikan hak akses berbeda untuk setiap user di dalamnya.
  3. Memiliki satu akun sumber dana ( bisa lebih ) untuk metode pembayaran iklan Anda.
  4. Bisa membuat lebih dari satu akun ads di satu dashboard.

Sederhananya, dengan akun BM Anda bisa mengelola banyak akun ads dan juga Fanpage di dalamnya. Beda dengan akun ads personal yang cuma bisa satu akun ads saja dalam satu akun Facebook. Kalo bingung jangan pusing ya. Nanti pada saat proses pembuatan Anda akan memahami sedikit demi sedikit fungsi BM ini.

Membuat Business Manager Account

Saya akan bantu Anda membuat akun Business Manager step by step secara mudah. Yang perlu Anda lakukan hanya login ke akun Facebook, setelah itu akses halaman Business Manager.

1. Memasukkan Data Kepemilikan

Ada tombol create account di pojok kanan atas, silahkan di klik dan muncul pop up form seperti gambar di bawah ini. Isi semua field dengan benar dan valid ( tidak mengarang ).

Daftar Business Manager
Daftar Business Manager

Jika sudah klik next dan akan muncul halaman pop up form selanjutnya untuk mengisi data bisnis Anda. Lihat gambar di bawah. Silahkan diisi dengan benar dan valid ya. Data ini masih bisa Anda ubah kok nantinya, jadi ngga perlu takut salah mengisinya.

Data profil bisnis Anda
Profil Bisnis Anda

Jika sudah klik submit. Anda akan dibawa pada tampilan awal dashboard Business Manager Facebook Ads. Silahkan lengkapi foto profil dan cover seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik Business Settings pada menu sebelah kiri.

Business Manager Facebook Ads
Dashboard Businesss Manager

2. Pengaturan Akun Business Manager

2.1. Menambahkan Admin / Karyawan

Anda akan masuk ke tampilan Business Manager settings, dengan beberapa tab menu di sebelah kiri, dan tampilannya di kolom sebelah kanan. Tampilan awal adalah menu People ( gambar di bawah ), disini Anda bisa menambahkan orang lain untuk bergabung, dan mengatur hak akses mereka, apakah Admin access atau Employee access.

Jadi Anda bisa menempatkan banyak Advertiser nantinya di dalam dashboard BM ini. Bahkan Anda juga bisa menambahkan manager baru dengan full akses seperti Anda. Semua properti beriklan Anda berada di dalam satu dashboard BM.

Menambahkan orang baru di Business Manager
Menambahkan orang baru

2.2. Menambahkan Fanpage

Berlanjut ke step selanjutnya. Di bagian kiri silahkan klik menu Page lalu Add >> Add a Page untuk menambahkan Fanpage Anda. Akan muncul pop up form, ketikkan nama Fanpage dan klik “Add Page”. Saya ngga membahas cara membuat Fanpage ya disini.

Menambahkan Fanpage
Menambahkan Fanpage

2.3. Menambahkan Akun Iklan

Berlanjut ke menu berikutnya yaitu Ad Accounts ( bawahnya Page ). Silahkan klik Add >> Create a New Ad Account akan muncul pop up form baru, isikan seperti 2 gambar di bawah ini. Nama akun bisa di ganti, namun di bagian currency jangan sampai salah, karena ngga bisa diganti.

Menambahkan akun iklan baru
Membuat baru / menambahkan dari personal ad account
Membuat Ad Account baru
Membuat akun iklan baru

Untuk tahap awal biasanya Anda hanya diperbolehkan membuat 1 Akun iklan saja. Nanti kalau akun sudah dipakai dan sudah pernah membayar iklan dengan lancar, otomatis slot akun iklan Anda bertambah secara bertahap dan bisa membuat yang baru lagi.

2.4. Menambahkan Akun Instagram

Berlanjut ke menu berikutnya yakni Instagram, Anda boleh menambahkan akun Instagram bisnis. Akun Instagram tersebut harus sudah dikaitkan dengan Fanpage Anda. Caranya googling aja.

Jika sudah add akun Instagram jangan lupa Assign Ad Account untuk memberikan akses terhadap akun iklan mana yang bisa beriklan menggunakan Instagram tersebut.

Menambahkan akun instagram ke Business Manager
Menambahkan akun Instagram

2.5. Menambahkan Data Pixel Baru

Di menu sebelah kiri klik Data Source >> Pixels >> Create Pixel. Akan muncul pop up form, masukkan nama pixel ( bebas, nanti bisa diganti ) dan URL website bisnis Anda. Jika sudah klik “create”, Anda akan ditawari untuk setup pixel, abaikan saja. Klik close di kanan atas.

Menambahkan pixel baru
Menambahkan Pixel baru
Membuat kode pixel baru
Membuat pixel baru ( jika belum punya )

Setelah Add pixel jangan lupa Add People dan Assign Ad Account untuk memberikan akses siapa orang yang bisa menggunakan pixel ini. Begitu pun dengan akun iklannya.

Pixel adalah serangkaian kode yang akan ditanam di web Anda untuk merekam kegiatan pengunjung yang masuk ke web Anda. Setelah memasang pixel di web nantinya Anda bisa melakukan retargetting iklan kepada para pengunjung yang sudah masuk web Anda namun belum melakukan transaksi. Keren kan fiturnya ?

2.6. Menambahkan Akun Pembayaran

Langkah pengaturan terakhir yang harus Anda lakukan, masuk ke tab menu Payments di sebelah kiri, dan klik Add Payment, akan muncul pop up form baru. Anda diminta memasukkan data kartu kredit. Kalau ngga punya, Anda bisa pakai debit Jenius BTPN, Mandiri atau Permata.

Menambahkan metode pembayaran baru
Menambahkan metode pembayaran baru
Memasukkan data-data kartu
Masukkan data-data kartu kredit / debit

Jika sudah klik “continue”. Anda bisa memasukkan lebih dari 1 data kartu kredit, dan menentukan akun iklan mana saja yang menggunakan kartu kredit pertama, dan akun iklan mana saja yang menggunakan kartu kredit kedua. Sangat mudah mengelola alokasi budget iklan Anda.

Sampai disini proses membuat Business Manager account sudah selesai.

Ingat ya, Business Manager itu fungsinya untuk mengelola akun iklan, Fanpage, metode pembayaran, dan banyak hal lainnya. Kalau Ads Manager itu fungsinya untuk mengelola iklan. Jadi berbeda fungsi meskipun sama-sama manager, hehe.

3. Kaitkan Akun Iklan dengan Akun Pembayaran

Akun iklan dan akun pembayaran yang sudah dibuat tadi, biasanya belum terkait. Silahkan masuk ke dashboard Ads Manager melalui https://business.facebook.com/adsmanager.

Klik 9 titik di menu sebelah kiri >> masuk ke menu Billings.

Tampilan dashboard ads manager
Masuk ke menu Billing

Pastikan metode pembayaran sudah menggunakan kartu debit / kredit yang tadi dimasukkan. Kalau belum terkait, klik aja Add Payment Method seperti gambar di bawah ini.

Tambahkan metode pembayaran pada akun iklan
Tambahkan metode bayar pada akun iklan

Penutup

Alhamdulillah, selesai artikel kali ini yang dibuat untuk membantu Anda membuat Business Manager account di Facebook. Jadi Anda sudah bisa beriklan dengan tenang dan damai, ketika nanti ada penambahan Fanpage, akun Instagram, atau penambahan tim Advertiser, tinggal assign aja di dalam dashboard BM ya.

Seperti biasa, kalau ada yang bingung dan ngga jelas, silahkan bubuhkan pertanyaan terbaik Anda di kolom komentar. Insya Allah semua komentar yang masuk selalu saya balas.

Segini aja dulu, diharapkan Anda sudah memahami beberapa hal fundamental tentang Facebook Ads, termasuk beberapa jenis audience di Facebook, hingga sampai di tulisan ini Anda sudah mempersiapkan akun untuk beriklan. Next, tinggal ngiklan deh.

 

Diskusi Pembaca . . .

  1. Assalamualaikum. Bismillah. Saya sudah punya Fanpage, Mas. Apa juga harus bikin Akun Manajer Bisnis?

    Balas
    • Fanpage dan akun BM adalah 2 hal berbeda.

      BM = Tempat mengelola seluruh aset, seperti akun iklan, list fanpage, ig, dll
      Akun iklan = Akun utk beriklan. Ada yg personal, ada yg di dalam BM
      Fanpage = Halaman utk meletakkan konten iklan, utk ngiklan

      Jadi bisa aja ngiklan pakai akun personal + fanpage.

      Pakai BM lebih baik, sekalian utk jangka panjang. Jadi akun iklannya pakai yg punya BM, bukan yg personal.

      Balas
  2. Kenapa saya buat akun Business Manager selalu langsung disabled. padahal baru memasukkan data kepemilikan? Data yang dimasukkan sudah benar (tidak mengarang).

    Balas
    • Faktornya banyak. Bisa jadi akun FB nya masih baru, bisa jadi terlalu sering buat, atau faktor lain. Intinya, terlepas dari itu semua, bikin BM tidak mudah, FB jauh lebih ketat, dalam rangka mencegah tindakan2 spamming oleh orang2 tdk bertanggung jawab..

      Balas
  3. Saya pakai mandiri, terus ada error ini:
    “This card was declined. Please use a different card and try again, or contact your bank for assistance.”

    Gimana ya solusinya mas?

    Balas
    • Solusinya ganti kartu mas, terlepas apapun itu penyebabnya, yg jelas sdh tdk bisa dipakai. Mending pakai Jenius mas, kalau declined tinggal delete eCard dan bikin baru di dalam app nya langsung, lebih simple

      Balas
  4. Selamat malam mas Rizki, nama saya Lenny
    Saya punya akun FB pribadi yg kemudian saya pakai berjualan emas, baju, dll seputaran konsumsi wanita
    Selanjutnya saya bikin page FP dan Instagram, berjalan 6 tahunan tiba tiba akun ig saya disable oleh Ig, saya buat lg 4hr kemudian disable lagi. Kemungkinan ada hastag berupa brand. Bbrp waktu lalu saya download Facebook ads dengan akun FB saya pribadi , nge link dgn 2 akun page dan 2 akun ig.
    Kisaran bbrp hari lalu page dan ig Saya TDK bisa utk promosi, hari ini hasil dari banding saya bahwa FB tetap tidak bisa mengaktifkan lagi status FB ads saya.
    Yg jadi pertanyaan saya
    Apakah jika saya membuat akun FB baru , maka page dan ig Saya yg udah ngelink di FB pribadi saya bisa saya pindahkan ke akun FB baru saya ya mas .
    Mohon pencerahan atau mgkn ada cara lain .
    Di satu sisi page saya udah lumayan banyak follower nya
    Terimakasih banyak mas
    Salam
    Lenny di SBY

    Balas
    • Fanpage masih bisa di akses ? Tinggal tambahkan admin baru yaitu akun FB pribadi yg baru kan.

      Balas
      • selamat malam mas Riski, saya newbie mas
        mau tanya kalo daftar BM harus pake website ya, saya baru mau mulai belajar, sarannya mas kalo buat newbie mending buat website dulu atau pake akun iklan personal ya?

        Balas
        • Iya bikin BM pakai laptop.

          Bikin web dulu atau pakai akun personal ? Ini bukan pilihan, harus dijalankan keduanya kalau niatnya adalah mau beriklan di FB.

          Kalau pertanyaannya :

          Utk newbie mending langsung bikin BM atau pakai akun personal ? Baru jawabannya : pakai personal saja dulu.

          Balas
  5. Mas aku punya akun BM yg ad account-nya cuma bisa bikin 1 aja… Aku lihat di pengaturan BM memang tertulis limit 1 ad account.

    Gmn ya mas caranya biar bisa nambah bikin ad acount lg di BM saya ini?

    Apakah harus spend iklan brp dulu ta mas?

    Balas
    • Benar harus terus beriklan dan pembayaran lancar. FB tidak menyebutkan minimalnya berapa. Pokoknya ngiklan aja terus, nanti akan ditinjau, jika layak maka akan ditambah limitnya. Banyak cara-cara “tidak umum” untuk mensiasati hal ini, kebetulan saya ngga ngerti caranya. Dan tdk merekomendasikan.

      Balas
  6. Malem kang, mau tanya .

    Untuk saldo di BM ini, di JENIUS / MANDIRI harus ada saldonya , nanti kepotong otomatis, atau kita isi saldo misal isi saldo 300rb dr jenius ke fb.

    Balas
    • Terpotong otomatis, jd tdk harus ada saldo di awal. Yang penting saat jadwal pemotongan ada saldo, agar tdk gagal debit.

      Balas
  7. Kalau cuman muncul 2 pilihan metode pembayaran itu bagaimana ya mas?
    di facebook ads saya punya cuman muncul 2 :
    1. kartu kredit atau debit
    2. kredit iklan facebook
    Tidak ada pilihan bank transfer atau doku.
    Mohon pencerahannya mas.

    Balas
      • 1. Maksudnya baik pengaturan iklan di Facebook page (iklan berbayar) dan BM tidak ada pilihan selain 2 metode pembayaran diatas. Apakah ini sistem baru ya mas? saya googling, banyak postingan yang menginformasi bahwa ada pilihan metode pembayaran selain diatas yaitu bank transfer (atm bersama), doku dan 1 lagi saya lupa. Tapi kok di page yang saya kelola tidak metode yang lain. Mohon pencerahannya.

        2. kartu kredit atau debit itu maksudnya apakah kartu ATM debit bisa di tarik secara otomatis oleh bank atau memang harus mendaftarkan kartu kredit ya mas?

        maaf banyak bertanya, masih gaptek soalnya. hehe

        Balas
        • 1. Pembayaran via bank hanya muncul di akun iklan personal. Akun iklan di BM tidak ada opsi transfer.
          2. Jenius, BCA, Permata, Mandiri, itu kartu debit biasa yg bisa dipakai utk pembayaran FB Ads, karena sudah berlogo Visa / Mastercard, jd tdk perlu buat cc.

          Balas
          • Oh seperti itu ya mas, alhmdulillah baru paham. Hehe
            Terima ksih banyak mas atas informasi dan penjelasannya. Sangat bermanfaat.

          • Siapp mas. Sehat dan sukses selalu ya.

          • Mas alief klo pembayaran pake akun personal biar bisa via atm tp kelola iklannya pake BM bisa gk?

  8. Met sore master, mau tanya kalo didalam akun bm batas pembayaran ada masalah cara benerinnya gmn ya? Kmren batas awalnya 500rb trus sudah mencapai batas, kemudian mau aku benerin biar acountnya jadi aktif lagi gimana ya, udah aq tambah jadi 600rb, tapi masih belom aktif. Trims

    Balas
    • Biar account aktif lagi ? Brati sekarang disabled, atau gimana ?

      Balas
  9. Penagihan iklan saya sebesar 25.xxx difacebook ads tidak bisa terbayar kan saya punya 2 kartu mastercard bni semuanya ditolak apakah ada cara supaya bisa terbayarkan? Karna pas awal memasukkan nomor kartu sebelum beriklan bisa tapi saat sudah beriklan dana dari debit saya tidak mau diambil terima kasih

    Balas
    • Mungkin ada masalah di bni nya, bisa ditanyakan dulu. Atau bisa hubungi FB support, search aja di Google “fb ads support”. Atau solusi termudahnya ganti kartu. Saya pakai Mandiri dan Jenius aman2 saja 3 tahun terakhir.

      Balas
  10. halo mas,
    Mas mau tanya, kalau account error di tab delivery di ads manager itu kenapa ya mas? dan gimana solusinya?
    mohon pencerahannya
    nuhun

    Balas
    • Saya blm coba mas, tp harusnya bisa karna sdh ada infonya kan bca sekarang sdh bisa dipakai debit online.

      Balas
  11. Halo mas mau tanya, kalo akun bm di banned, apakah halaman dan akun ig yang tertaut di dalamnya juga tidak bisa di logout dari akun bm yang kena banned ? Kalo bisa dilepas kan bisa ditautkan ke akun bm yang baru. Terimakasih

    Balas
    • Bisa akses BM Settings ngga ? Kalau bisa, silahkan remove Fanpage dan IG nya. Kebetulan saya blm pernah alami BM banned, jadi kurang tau kondisinya apakah bisa di akses apa tidak.

      Saya pernah alami BM restricted. BM Settings masih bisa di akses, jd saya remove, page dan ig, lalu kaitkan di BM baru.

      Balas
  12. Selamat sore mas ., izin tanya, pixel yang dipakai itu pixel BM atau akun iklan nya mas soal nya saya sudah instal pixel BM dan akun iklan ., saya jadi bingung yang di pakai untuk ditempel di web yang mana., terima kasih mohon dijawab

    Balas
    • Akun iklan itu utk jalankan iklan.
      Pixel itu kode yang ditanam di web.
      BM itu sistem utk mengelola akun iklan & pixel.

      Saya kurang paham dengan pertanyaannya. Pixel ya pixel saja, bukan pixel BM atau pixel akun iklan.

      Balas
      • Hallo Mas, mau tanya kalau ads manager dihapus apa yg akan terjadi?
        Sebelumnya saya adalah admin fanpage facebook namun bebreapa hari terakhir ini saya tidak lagi bisa mengakses fanpage faceboook jadi tidak bisa pasang ads sama sekali. bagaimana cara mengembalikan akses fanpage saya ya?

        Balas
        • Cara mengembalikan akses Fanpage ya minta admin saat ini utk invite Anda jadi admin lagi

          Balas
  13. halo mas mau tanya saya baru saja buat akun BM dan kok langsung dibatasi ya dengan alasan tidak mematuhi kebijakan iklan, padahal saya saja baru mau buat akun BM agar bisa mengiklan dan ini belum ngiklan malah sudah kena batasi makanya saya bingung sampai saat ini mungkin ada solusinya mas ?

    Balas
    • Apakah akun FB nya baru ? Terlepas dari apapun kendalanya, bikin akun BM memang lg sulit sekarang mas. Apalagi jika akun FB nya baru / ngga terlalu aktif.

      Balas
      • akun fb dari tahun 2011 mas akun pribadi, iya saya sampai buat 2 akun BM saja tetap dibatasi jga, apakah akun fb yang tidak terlalu aktif mempengaruhi pembuatan akun BM mas ?

        terimakasih responnya

        Balas
        • Saya kurang tau pastinya mas, karena kebetulan saya sdh lama ngga bikin BM, jd blm update lagi peraturan terbaru saat ini.

          Yang jelas, yg saya lihat di beberapa forum, memang banyak yg mengeluh kesulitan bikin BM. Bahkan ada beberapa kasus akun iklan kena spend limit, padahal limitnya sudah di set 0, ini juga baru-baru saja terjadi di beberapa orang, dan saya blm tau sebabnya.

          Kalau menurut saya pengaruh sih.

          Balas
  14. Assalamu’alaikum mas. Mas aku mau tanya untuk pembayaran di FB BM untuk yg terupdate apa ya mas. Karena aku baca baca di blog lain. Baru baru ini pada gagal veeifkasi debit mandiri dan permata gak tau aku blum coba. Aku rencana mau buka rekening salah satu diatas tapi liat blog pada bahas itu jd bingung. Nanti ketika udah takutnya gak bisa jd mau cari yg pasti dulu. Ada info gak mas.. thanks mas

    Balas
    • Wa’alaikumsalam, ada BM saya yang pakai Mandi aman-aman aja. Ada yg pakai Jenius juga aman kok.

      Balas
  15. Cara mengamankan aset pixel & audience di BM gimana mas Alief ?
    Pixel di share ke BM lain bisa, tapi untuk audience tidak bisa karena BM dianggap masih baru

    Balas
    • Cara share antar BM gitu ngga boleh, ada BM saya udah dari 2016 pakai cara itu, bulan lalu disabled. Jadi disatukan aja dalam satu BM. Gimana cara mengamankan ? Dengan cara beriklan tdk melanggar aturan FB jd BM nya aman.

      Balas
  16. Selamat malam mas, apa perbedaan akun iklan personal dan akun bm di Fanspage?
    dan apa dampaknya di saya pindahkan data akun iklan personal ke akun bm? terima kasih

    Balas
    • Akun iklannya sama aja. BM berguna utk mengelola banyak akun, fp, ig, dan menggunakan metode pembayaran non debit.

      Balas
  17. mas numpang tanya kalo di bagian 1 aja udah ada tulisan anda tidak dapat menggunakan fitur ini . masalahnya dimana ya mas ?

    Balas
    • Beberapa waktu terakhir ini bikin BM memang lagi sulit. Di beberapa forum saya baca banyak yg mengeluhkan hal yg sama. Jadi saya blm tau apa solusinya selain menunggu

      Balas
      • Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh boleh saya minta no WhatsApp nya Mas ?
        Mau minta bantuan untuk pembuatan BM mas
        081380247614

        Balas
        • Wa’alaikumsalam. Kebetulan saya tdk layani jasa pembuatan BM mas, mohon maaf ya.

          Balas
  18. Halo, terima kasih sharingnya.
    Saya mentok setelah no 2 error ato gagal

    Balas
    • Bikin BM memang lagi susah. Di beberapa forum jg banyak yg mengeluhkan hal yg sama.

      Balas
  19. maaf gan mau tanya akun iklan saya di hack . akun iklan + fanspage diambil alih. aman gak ya data pembayaranyya ? syaa pake debit mandiri

    ini saya buat bisnis manager . tulisannya ada masalah silahkan coba lagi nnti gtu trus

    Balas
  20. Punya solusi agar akun bm ngga mudah diminta verikasi bisnis kah mas? 4 akun saya di babad semua minta verifikasi bisnis

    Balas
    • Jujur saya blm ada pengalaman soal itu mas. Soalnya akun2 BM saya statusnya blm terverifikasi, dan blm pernah diminta jg. Jadi mohon maaf blm bisa kasih solusi yg tepat.

      Balas
  21. Gmna caranya rubah Menu tampilan menu bar ads nya ke bentuk yg dulu ya ko skrg jd shortcut grid gitu

    Balas
    • Di kiri atas ada tulisan “switch to previous version” kan ? Klik aja.

      Lagipula lebih baik pelajari yg baru, ga ada bedanys, cuma sedikit perubahan layout aja. Nantinya yg lama jg akan ditiadakan, jd mau ga mau tetap harus belajar yg baru juga ujung2nya.

      Balas
  22. 4 hari ini saya gagal terus membuat BM. Notif Saat ini belum bis di proses. Coba lagi nAnti.
    Padahal sudah pakai akun tua.
    Kira2 masalahnya apa ya?

    Balas
    • Bisa jd memang lg dibatasi, ga semua akun bisa bikin BM, selain itu, ga setiap waktu bisa bikin BM, entah apa alasannya. Saya jg pernah alami beberapa kali.

      Solusinya, bisa coba di laptop & koneksi internet berbeda, atau coba di waktu yg berbeda, selang 1 minggu lg misalnya.

      Balas
  23. Minta tolong bantuannya mas Alief. Setelah saya tes iklan selama 2 pekan, saya dapet 285 ATC dengan hasil akhir ke whatsapp. prnt[dot]sc/s7q5op

    Tapi saat mau dibuat LAA, kok yg kedetek ATC cuma 11 ya? prnt[dot]sc/s7q7jm
    Padahal jumlah real whatsapp yang masuk juga dah hampir 100an.

    Ditunggu jawabannya mas. Trimakasih sebelumnya, dan mohon maaf jika menyita waktunya.

    Balas
    • Itu yg di pilih event with value, jadi bukan LLA biasa.

      Pertanyaannya, di dalam event ATC nya apakah sdh ditambahkan parameter value mas ? Kalau blm, wajar jika tdk terdeteksi. Bahkan seharusnya nol menurut saya, karena memang blm pernah masukkan value.

      Balas
      • Data yang dimasukkan ke value apa mas ?
        Apakah ada artikel tentang value dari mas Alief? udah browsing gak nemu

        Balas
        • Value di bagian mana ? Pixel ? Umumnya diisi dengan harga produk ( bisa di IC atau Pur )

          Balas
  24. Assalamualaikum Mas ,,,

    Mau Nanya nih sebelumnya buat Akun BM dan Iklan Lancar,,
    nah Akhir ini Akun BM kena Disable ,, ntah kenbapa,,,
    Trus Saya Buat Akun BM lagi Gk Bisa,,, Tulisanya
    “Ada masalah Saat Memproses Memproses Permintaan ini , Coba Lagi Nanti”

    udah pindah PC,Koneksi sama Ganti Akun,, tetep error Gitu,,,

    kenapa Yah mass,,,

    Balas
    • Wa’alaikumsalam. Saya kurang tau mas.

      Setau saya ga mungkin tiba-tiba disabled, pasti ada penyebabnya ( dan kadang kita ga nyadar penyebabnya apa ). Entah karena produknya melanggar, ad copy / gambarnya melanggar, sering buka ads manager dari internet public yang IP nya ganti-ganti, dan banyak lagi penyebabnya.

      Kalau memang disabled, alasannya apa ? Kan dikasih tau di notif FB atau di emailnya.

      Balas
  25. Bagaimana cara mengaktifkan kembali akun iklan yg dinonaktifkan Facebook?

    Balas
  26. Halo mas Alief , Saya punya kendala FB ads nih mas yaitu Akun Personal Iklan saya tiba2 Disabled padahal saya nggak sama sekali melanggar aturan. Jadinya tidak bisa buat Iklan baru,Buat akun bisnis baru.

    Udah 2 hari yg lalu saya mengajukan banding tetapi belum ditanggapi. Sampai saat ini saya belum bisa iklan mas sedangkan saya butuh iklan FB ads.

    Nah pertanyaanya. Apabila Banding saya tidak diterima , bagaimana solusinya agar saya tetap bisa beriklan dengan FB ads yang mengiklankan Fanspage yg sudah saya buat ?? Apakah seharusnya saya buat akun baru lagi agar bisa beriklan kembali ?? Terima kasih sebelumnya mas Alief , semoga lancar rezeki dan urusanya.

    Balas
    • Iya mas, solusinya buat akun baru kalau banding tdk ditanggapi / blm di respon. Dan saya yakin ada kesalahan yg diperbuat ( sadar / tdk ), karena sistem FB kan pasti punya alasan kenapa akun seseorang sampai disabled.

      Kenapa saya berani kasih statement seperti itu ? Karena Alhamdulillah saya blm pernah bermasalah dengan akun disable sejak pertama beriklan. Jadi kalau ada akun teman2 yg disabled, saya yakin seyakin2nya ada kesalahan yg diperbuat.

      Baik sengaja / tidak, hehe.

      Jadi solusinya ya banding, tp biasanya lama.
      Solusi cepat ya buat akun baru lagi.

      Balas
      • Hai Mas Rizki,
        Mohon bagi pengalamannya, apa dan bagaimana kondisi/syarat agar akun baru fb kita bisa aktif iklan, setelah akun lama disable.
        Terima kasih.

        Balas
        • Saya kurang paham dengan pertanyaannya. Akun yg dimaksud disini aku FB atau akun iklannya ya ? Yang disable aku FB atau akun iklannya ?

          Balas
  27. terima kasih ilmunya…. saya baru mau coba coba masukkan di web saya.

    kalau ada kendala nanti saya tanyakan di sini..

    thanks

    Balas
    • Alhamdulillah, terima kasih sudah berkenan mampir ya.

      Balas
  28. Baik mas terimakasih.

    kalau untuk perihal pixel, misal kita udah ada pixel di bm a, ternyata akun iklannya disable, terus kita bikin BM baru tapi di akun fb yang berbeda, itu pixelya bisa dipindahin gak mas.?
    mohon jawaban berikut caranya mas. Terimakasih

    Balas
    • Pixel bisa di share. Tapi kalau akun iklan sdh disable saya ga tau masih bisa di share atau ngga, blm pernah alami akun disable soalnya.

      Balas
  29. Assalamu’alaikum mas maaf, sekarang kalau mau bikin bm baru gimana ya.? kok menu nya gak ada.?
    mohon jawabannya, terimakasih

    Balas
    • Wa’alaikumsalam, bisa ke business[dot]facebook[dot]com kak.

      Balas
  30. Bang saya mau belajar secara online boleh?
    Ada wa yang bisa saya hubungi?

    Balas
    • Boleh mas, bisa melalui tulisan-tulisan saya di blog ini.

      Kalau via WA / Email / Online course mohon maaf saya tidak menyediakan layanan tersebut. Jadi bisa berdiskusi lewat kolom komentar di artikel-artikel saja ya, seperti teman-teman lainnya.

      Balas
    • Gan mau nanya. Akhir2 ini saya selalu gagal bikin BM. Pada saat submite selalu muncul keterangan “ada masalah saat memproses permintaan inu. Coba lagi nanti.”

      Kira kira penyebabnya itu apa gan? mhn petunjuknya jika agan mengetahui

      Balas
      • Bikin BM memang lagi susah. Di beberapa forum jg banyak yg mengeluhkan hal yg sama.

        Balas
  31. Assalamualaikum,Mas… Mohon bantuannya. Saya awam sekali ttg Facebook ads. Saya ingin jualan online dan saya iklankan pakai FB ads. Yg sudah saya lakukan:
    1. Sudah buat email
    2. Sudah buat akun FB khusus
    3. Sudah buat FB Page di akun FB khusus itu.
    4. Sudah buat Instagram khusus. Pertanyaan saya:
    1. Apakah untuk berjualan online HARUS punya web dulu?
    2. Apakah klu ingin mengiklankan produk harus punya akun Facebook bisnis (sedangkan di form pengisian FB harus mengisi alamat web. Saya sudah coba pakai alamat Fanpage, tapi ditolak)
    3. Daftar FB Bisnis/BM ditolak karena memang baru buat FBnya

    Mohon jawabannya.. terimakasih banyak atas bantuannya,Mas.

    Balas
    • Wa’alaikumsalam,

      1. Kalau bagi saya wajib punya
      2. Maksudnya FB bisnis = Business Manager ? Ngga harus, pakai akun iklan personal jg bisa. Form pengisian FB yg mana ? Di bagian Ad ?
      3. Ya berarti harus menunggu, plus hrs aktif beraktivitas di akun tersebut.

      Balas
  32. Jadi mas pesan “An error occurred while processing this request. Please try again later.” yang selalu muncul ketika berusaha buat BM di karenakan akun FB yang baru 1 minggu?
    Biasanya berapa jangka waktu akun FB untuk bisa buat BM yang baru?

    Balas
    • Ngga ada yg tau pasti kapan jangka waktunya. Yang pasti akun baru aktif bersosialisasi dulu aja.

      Balas
  33. Mas mo tanya ,
    1. Saat bikin BM baru untuk FB yng baru berumur 2bln kenapa muncul pesan “An error occurred while processing this request. Please try again later.”
    2. Apakah CC yg sdh dipake diakun lain dan yg kena Flag tidak bisa dipakai lagi? Ini akun lama saya sebelumnya BMnya lama gak pernah dipakai
    Terima kasih ya

    Balas
    • Hi mas,

      1. Yap memang sudah biasa, karena akun baru. Harus banyak teman, aktif interaksi, aktif like Fanpage, join group. Intinya aktivitas normal dulu.
      2. Yap biasanya ditolak mas ( meskipun ngga semua kasus begitu ). Pakai Jenius aja. Kalau ditolak tinggal block eCard dan bikin baru, otomatis dpt nomor kartu yg baru lg.

      Balas
      • Wow respon cepat thx mas jawabannya … Sukses terus.. Blog ini luarbiasa.

        Balas
        • Alhamdulillah. Pas lagi bales2in komentar juga mas hehe. Terima kasih sudah berkenan mampir ya.

          Balas
  34. bg alief bantu saya yah,saya baru resign dari kerjaan saya semalam,saya berencana ingin fokus ke fb ads ini,,,saya kan biasanya pakai ads manager buat ikla,dan saya saat ini saya ingin beralih ke bussines manager untuk beriklan,saya sudah mempunyai kartu atm jenius.saya belum berani beralih ke BM karena takut CA lead pixel yang sudah matang itu hilang ketika saya beralih ke BM…mohon saran nya yah,,,terima kasih banyak….murah rejeki buat bg alief…

    Balas
    • Jalankan yg ada saja dulu, tdk harus langsung ke BM.

      Balas
  35. Assalamualaikum Pak Alif.Mau tanya ya sebelum buat Business Manager saya sudah punya 8 Fanpage.Ketika buat BM beberapa hari yg lalu. Kok BM jg jadi 8 dan namanya sesuai Fanpage saya.Apakah memang begitu ya.

    Terus saya mau nambah payment method gak ada pilihan IDR

    Terima kasih
    Ditunggu jawabannya

    Balas
    • Wa’alaikumsalam. Yap, sekarang tiap buat Fanpage baru otomatis muncul BM baru juga. Nambah payment method di bagian mana ya ?

      Balas
      • Melanjutkan pertanyaan sebelumnya, Berarti 1 akun BM hanya untuk 1 fanspage ya mas?

        berarti dalam 1 akun personal bisa banyak akun BM karna akun personal bisa buat banyak fanspage ?

        dan berarti tiap kita bikin fanpage baru untuk pengiklanan dia BM, kita juga harus melakukan pendaftaran tersendiri untuk BM khusus fanspage itu ya mas?

        Balas
        • Ketika bikin 1 FP otomatis muncul 1 BM. Namun dalam 1 BM bisa memuat banyak FP. Jadi BM yg lain ga usah dipake, buat cadangan aja. Cukup pakai 1 BM dan tampung semua FP disana.

          Balas
  36. Mas mau tanyak ada engga disini penjual akun bisnis manager facebook (BM)

    Balas
  37. Maaf mas , sy sudah buat CA di akun fans page personal , tp koq tidak kelihatan di akun BM yaa mas alief ?
    .
    Bagaimana caranya agar tampil di akun BM yaa mas ?
    .
    Mohon bantuan nya mas alief .

    Balas
    • Tidak bisa mas. Kalau akun, pixel, dan CA nya ada di personal, ngga akan tampil di BM.

      Balas
  38. Hallo , selamat siang mas alief…
    Artikel ini sangat bermanfaat bagi tmn2 pemula belajar fb ads…
    .
    Maaf sy ingin bertanya mas , apakah bisa meng impor atau expor data custom audiens di akun fb A ke akun fb B lewat BM mas ?
    Ini akun fb A & fb B sudah saya jadikan dalam 1 BM mas…
    .
    Kalau bisa , minta bantuan nya bagaimana tutorial memindahkan nya mas 🙏

    Balas
    • Alhamdulillah. Terima kasih sudah berkenan mampir. Masuk ke Business Settings mas, cari di bagian Pixel, tambahkan Ad Account B agar bisa mengakses CA yg sudah di buat.

      Balas
  39. Misi pak, saat pembuatan BM, saat pengisian data, paling bawah, ada 2 opsi :

    This account primarily…dst
    1. Promote its own goods or services
    2. provide services to other businesses

    Bedanya pilihan no 1 & 2 itu apa ya pak..?

    Terima kasih.

    Balas
    • Hai mas,

      1. Jualan barang / jasa milik sendiri
      2. Menawarkan jasa ( iklan ) untuk bisnis lain

      Balas
  40. Terima kasih artikelnya mas, sangat bermanfaat.

    Ada beberapa pertanyaan terkait bisnis manager facebook:
    1. Saya membuat akun bisnis manager baru, tapi sampai “tambahkan Detail Bisnis Anda” tidak dapat dikirim, selalu balik lagi
    2. Menu login dihalaman utama tidak ada
    Sudah saya screenshoot, tapi saya tidak bisa cara mencantumkannya di kolom diskusi.
    Kira-kira permasalahannya dimana mas ?

    Terima kasih

    Balas
    • Halo mas Yuda,

      Alhamdulillah, terima kasih sudah berkenan untuk mampir.

      1. Apakah sebelumnya sudah pernah buat BM ?
      2. Mungkin bisa dikirimkan ke email saya. Silahkan masuk ke halaman Kontak mas.

      Balas
      • 1. Sudah pernah 2x kali dan di blokir…hehehe
        2. Siap…saya email mas Alief

        Terima kasih

        Balas
        • Nah itu penyebabnya mas, jd untuk akun mas sepertinya sudah tidak diperbolehkan bikin BM lagi. Bisa coba bikin Fanpage baru, nanti otomatis muncul BM baru. Nah BM itu yg coba dipakai. Kalau ga bisa, ya solusinya pakai akun lain.

          Balas
          • Saya pakai akun facebook & email baru mas, hasilnya masih tetap sama. Dapat 1 hari langsung keblokir. Padahal belum dipakai sama sekali.
            Apakah wifi provider berpengaruh ?

            Terima kasih

          • Bisa jaid mas, bisa jg dari IP nya. Intinya, kalau sdh pernah bermasalah, biasanya suka muncul gangguan-gangguan kecil lainnya. Istilahnya, sudah “ditandai” oleh Facebook. Jadi solusi terbaiknya ya coba tes pakai yg 100% berbeda. Laptop berbeda, akun & email berbeda, jaringan internet berbeda.

          • jika “sudah ditandai” oleh fb. ada solusi lainkah selain ganti laptop.

            Note : selain laptop. semuanya 100% berbeda.

          • Kebetulan saya belum pernah alami sampai se-ekstrim itu. Jadi kurang tau solusinya. Biasanya saya ganti koneksi internet sudah bisa.

            Memang awalnya melakukan apa ? Kok sampai semua elemennya ditandai ( IP, akun, mac address, dll ).

  41. Apakah saya bisa diberikan panduan beriklan dengan benar dan tepat. Trims perhatiannya

    Balas
    • Silahkan baca semua artikel di blog ini, ada panduan beriklan dengan benar & tepat pak.

      Balas

Mau Diskusikan Sesuatu ?

Jelaskan secara detail pertanyaan Anda agar saya bisa paham. JANGAN pakai emoticon, nanti masuk spam.