Langkah Membuat Business Manager Account

Pada sore hari ini saya akan membahas tentang langkah-langkah membuat Business Manager account di Facebook Ads. Biasanya sih lebih dikenal dengan sebutan BM ( Business Manager ).

Beriklan di akun personal memang bisa-bisa saja. Namun ada beberapa kelebihan BM terutama jika iklan Anda dijalankan oleh tim, bukan oleh Anda sendiri. Beberapa kelebihannya :

  1. Praktis mengelola akun Ads dan Fanpage dalam satu dashboard.
  2. Bisa memberikan hak akses berbeda untuk setiap user di dalamnya.
  3. Memiliki satu akun sumber dana ( bisa lebih ) untuk metode pembayaran iklan Anda.
  4. Bisa membuat lebih dari satu akun ads di satu dashboard.

Sederhananya, dengan akun BM Anda bisa mengelola banyak akun ads dan juga Fanpage di dalamnya. Beda dengan akun ads personal yang cuma bisa satu akun ads saja dalam satu akun Facebook. Kalo bingung jangan pusing ya. Nanti pada saat proses pembuatan Anda akan memahami sedikit demi sedikit fungsi BM ini.

Membuat Business Manager Account

Saya akan bantu Anda membuat akun Business Manager step by step secara mudah. Yang perlu Anda lakukan hanya login ke akun Facebook, setelah itu akses halaman Business Manager.

1. Memasukkan Data Kepemilikan

Ada tombol create account di pojok kanan atas, silahkan di klik dan muncul pop up form seperti gambar di bawah ini. Isi semua field dengan benar dan valid ( tidak mengarang ).

Daftar Business Manager
Daftar Business Manager

Jika sudah klik next dan akan muncul halaman pop up form selanjutnya untuk mengisi data bisnis Anda. Lihat gambar di bawah. Silahkan diisi dengan benar dan valid ya. Data ini masih bisa Anda ubah kok nantinya, jadi ngga perlu takut salah mengisinya.

Data profil bisnis Anda
Profil Bisnis Anda

Jika sudah klik submit. Anda akan dibawa pada tampilan awal dashboard Business Manager Facebook Ads. Silahkan lengkapi foto profil dan cover seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik Business Settings pada menu sebelah kiri.

Business Manager Facebook Ads
Dashboard Businesss Manager

2. Pengaturan Akun Business Manager

2.1. Menambahkan Admin / Karyawan

Anda akan masuk ke tampilan Business Manager settings, dengan beberapa tab menu di sebelah kiri, dan tampilannya di kolom sebelah kanan. Tampilan awal adalah menu People ( gambar di bawah ), disini Anda bisa menambahkan orang lain untuk bergabung, dan mengatur hak akses mereka, apakah Admin access atau Employee access.

Jadi Anda bisa menempatkan banyak Advertiser nantinya di dalam dashboard BM ini. Bahkan Anda juga bisa menambahkan manager baru dengan full akses seperti Anda. Semua properti beriklan Anda berada di dalam satu dashboard BM.

Menambahkan orang baru di Business Manager
Menambahkan orang baru

2.2. Menambahkan Fanpage

Berlanjut ke step selanjutnya. Di bagian kiri silahkan klik menu Page lalu Add >> Add a Page untuk menambahkan Fanpage Anda. Akan muncul pop up form, ketikkan nama Fanpage dan klik “Add Page”. Saya ngga membahas cara membuat Fanpage ya disini.

Menambahkan Fanpage
Menambahkan Fanpage

2.3. Menambahkan Akun Iklan

Berlanjut ke menu berikutnya yaitu Ad Accounts ( bawahnya Page ). Silahkan klik Add >> Create a New Ad Account akan muncul pop up form baru, isikan seperti 2 gambar di bawah ini. Nama akun bisa di ganti, namun di bagian currency jangan sampai salah, karena ngga bisa diganti.

Menambahkan akun iklan baru
Membuat baru / menambahkan dari personal ad account
Membuat Ad Account baru
Membuat akun iklan baru

Untuk tahap awal biasanya Anda hanya diperbolehkan membuat 1 Akun iklan saja. Nanti kalau akun sudah dipakai dan sudah pernah membayar iklan dengan lancar, otomatis slot akun iklan Anda bertambah secara bertahap dan bisa membuat yang baru lagi.

2.4. Menambahkan Akun Instagram

Berlanjut ke menu berikutnya yakni Instagram, Anda boleh menambahkan akun Instagram bisnis. Akun Instagram tersebut harus sudah dikaitkan dengan Fanpage Anda. Caranya googling aja.

Jika sudah add akun Instagram jangan lupa Assign Ad Account untuk memberikan akses terhadap akun iklan mana yang bisa beriklan menggunakan Instagram tersebut.

Menambahkan akun instagram ke Business Manager
Menambahkan akun Instagram

2.5. Menambahkan Data Pixel Baru

Di menu sebelah kiri klik Data Source >> Pixels >> Create Pixel. Akan muncul pop up form, masukkan nama pixel ( bebas, nanti bisa diganti ) dan URL website bisnis Anda. Jika sudah klik “create”, Anda akan ditawari untuk setup pixel, abaikan saja. Klik close di kanan atas.

Menambahkan pixel baru
Menambahkan Pixel baru
Membuat kode pixel baru
Membuat pixel baru ( jika belum punya )

Setelah Add pixel jangan lupa Add People dan Assign Ad Account untuk memberikan akses siapa orang yang bisa menggunakan pixel ini. Begitu pun dengan akun iklannya.

Pixel adalah serangkaian kode yang akan ditanam di web Anda untuk merekam kegiatan pengunjung yang masuk ke web Anda. Setelah memasang pixel di web nantinya Anda bisa melakukan retargetting iklan kepada para pengunjung yang sudah masuk web Anda namun belum melakukan transaksi. Keren kan fiturnya ?

2.6. Menambahkan Akun Pembayaran

Langkah pengaturan terakhir yang harus Anda lakukan, masuk ke tab menu Payments di sebelah kiri, dan klik Add Payment, akan muncul pop up form baru. Anda diminta memasukkan data kartu kredit. Kalau ngga punya, Anda bisa pakai debit Jenius BTPN, Mandiri atau Permata.

Menambahkan metode pembayaran baru
Menambahkan metode pembayaran baru
Memasukkan data-data kartu
Masukkan data-data kartu kredit / debit

Jika sudah klik “continue”. Anda bisa memasukkan lebih dari 1 data kartu kredit, dan menentukan akun iklan mana saja yang menggunakan kartu kredit pertama, dan akun iklan mana saja yang menggunakan kartu kredit kedua. Sangat mudah mengelola alokasi budget iklan Anda.

Sampai disini proses membuat Business Manager account sudah selesai.

Ingat ya, Business Manager itu fungsinya untuk mengelola akun iklan, Fanpage, metode pembayaran, dan banyak hal lainnya. Kalau Ads Manager itu fungsinya untuk mengelola iklan. Jadi berbeda fungsi meskipun sama-sama manager, hehe.

3. Kaitkan Akun Iklan dengan Akun Pembayaran

Akun iklan dan akun pembayaran yang sudah dibuat tadi, biasanya belum terkait. Silahkan masuk ke dashboard Ads Manager melalui https://business.facebook.com/adsmanager.

Klik 9 titik di menu sebelah kiri >> masuk ke menu Billings.

Tampilan dashboard ads manager
Masuk ke menu Billing

Pastikan metode pembayaran sudah menggunakan kartu debit / kredit yang tadi dimasukkan. Kalau belum terkait, klik aja Add Payment Method seperti gambar di bawah ini.

Tambahkan metode pembayaran pada akun iklan
Tambahkan metode bayar pada akun iklan

Penutup

Alhamdulillah, selesai artikel kali ini yang dibuat untuk membantu Anda membuat Business Manager account di Facebook. Jadi Anda sudah bisa beriklan dengan tenang dan damai, ketika nanti ada penambahan Fanpage, akun Instagram, atau penambahan tim Advertiser, tinggal assign aja di dalam dashboard BM ya.

Seperti biasa, kalau ada yang bingung dan ngga jelas, silahkan bubuhkan pertanyaan terbaik Anda di kolom komentar. Insya Allah semua komentar yang masuk selalu saya balas.

Segini aja dulu, diharapkan Anda sudah memahami beberapa hal fundamental tentang Facebook Ads, termasuk beberapa jenis audience di Facebook, hingga sampai di tulisan ini Anda sudah mempersiapkan akun untuk beriklan. Next, tinggal ngiklan deh.

 

Diskusi Pembaca . . .

  1. Baik mas terimakasih.

    kalau untuk perihal pixel, misal kita udah ada pixel di bm a, ternyata akun iklannya disable, terus kita bikin BM baru tapi di akun fb yang berbeda, itu pixelya bisa dipindahin gak mas.?
    mohon jawaban berikut caranya mas. Terimakasih

    Balas
    • Pixel bisa di share. Tapi kalau akun iklan sdh disable saya ga tau masih bisa di share atau ngga, blm pernah alami akun disable soalnya.

      Balas
  2. Assalamu’alaikum mas maaf, sekarang kalau mau bikin bm baru gimana ya.? kok menu nya gak ada.?
    mohon jawabannya, terimakasih

    Balas
    • Wa’alaikumsalam, bisa ke business[dot]facebook[dot]com kak.

      Balas
  3. Bang saya mau belajar secara online boleh?
    Ada wa yang bisa saya hubungi?

    Balas
    • Boleh mas, bisa melalui tulisan-tulisan saya di blog ini.

      Kalau via WA / Email / Online course mohon maaf saya tidak menyediakan layanan tersebut. Jadi bisa berdiskusi lewat kolom komentar di artikel-artikel saja ya, seperti teman-teman lainnya.

      Balas
  4. Assalamualaikum,Mas… Mohon bantuannya. Saya awam sekali ttg Facebook ads. Saya ingin jualan online dan saya iklankan pakai FB ads. Yg sudah saya lakukan:
    1. Sudah buat email
    2. Sudah buat akun FB khusus
    3. Sudah buat FB Page di akun FB khusus itu.
    4. Sudah buat Instagram khusus. Pertanyaan saya:
    1. Apakah untuk berjualan online HARUS punya web dulu?
    2. Apakah klu ingin mengiklankan produk harus punya akun Facebook bisnis (sedangkan di form pengisian FB harus mengisi alamat web. Saya sudah coba pakai alamat Fanpage, tapi ditolak)
    3. Daftar FB Bisnis/BM ditolak karena memang baru buat FBnya

    Mohon jawabannya.. terimakasih banyak atas bantuannya,Mas.

    Balas
    • Wa’alaikumsalam,

      1. Kalau bagi saya wajib punya
      2. Maksudnya FB bisnis = Business Manager ? Ngga harus, pakai akun iklan personal jg bisa. Form pengisian FB yg mana ? Di bagian Ad ?
      3. Ya berarti harus menunggu, plus hrs aktif beraktivitas di akun tersebut.

      Balas
  5. Jadi mas pesan “An error occurred while processing this request. Please try again later.” yang selalu muncul ketika berusaha buat BM di karenakan akun FB yang baru 1 minggu?
    Biasanya berapa jangka waktu akun FB untuk bisa buat BM yang baru?

    Balas
    • Ngga ada yg tau pasti kapan jangka waktunya. Yang pasti akun baru aktif bersosialisasi dulu aja.

      Balas
  6. Mas mo tanya ,
    1. Saat bikin BM baru untuk FB yng baru berumur 2bln kenapa muncul pesan “An error occurred while processing this request. Please try again later.”
    2. Apakah CC yg sdh dipake diakun lain dan yg kena Flag tidak bisa dipakai lagi? Ini akun lama saya sebelumnya BMnya lama gak pernah dipakai
    Terima kasih ya

    Balas
    • Hi mas,

      1. Yap memang sudah biasa, karena akun baru. Harus banyak teman, aktif interaksi, aktif like Fanpage, join group. Intinya aktivitas normal dulu.
      2. Yap biasanya ditolak mas ( meskipun ngga semua kasus begitu ). Pakai Jenius aja. Kalau ditolak tinggal block eCard dan bikin baru, otomatis dpt nomor kartu yg baru lg.

      Balas
      • Wow respon cepat thx mas jawabannya … Sukses terus.. Blog ini luarbiasa.

        Balas
        • Alhamdulillah. Pas lagi bales2in komentar juga mas hehe. Terima kasih sudah berkenan mampir ya.

          Balas
  7. bg alief bantu saya yah,saya baru resign dari kerjaan saya semalam,saya berencana ingin fokus ke fb ads ini,,,saya kan biasanya pakai ads manager buat ikla,dan saya saat ini saya ingin beralih ke bussines manager untuk beriklan,saya sudah mempunyai kartu atm jenius.saya belum berani beralih ke BM karena takut CA lead pixel yang sudah matang itu hilang ketika saya beralih ke BM…mohon saran nya yah,,,terima kasih banyak….murah rejeki buat bg alief…

    Balas
    • Jalankan yg ada saja dulu, tdk harus langsung ke BM.

      Balas

Mau Diskusikan Sesuatu ?

Jelaskan secara detail pertanyaan Anda agar saya bisa paham. Jangan pakai emoticon, nanti masuk spam.